21 Desa di Kubu Raya Rawan Karhutla

Ilustrasi Kebakaran Hutan dan Lahan. Foto : fokusjambi.com

BorneOneTV  – Terdapat 21 Desa dari 118 Desa di Kubu Raya, yang  rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).  Puluhan desa ini tersebar di lima Kecamatan di Kabupaten Kubu Raya.

Menurut Mokhtar, Kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Kubu Raya bahwa, ditetapkannya 21 desa di Kubu Raya sebagai desa yang rawan terjadinya karhutla ini berdasarkan hasil survey dan juga koordinasi antara BPBD bersama dengan  Manggala Agni dan sejumlah pihak terkait lainya,

“21 desa ini terdiri dari lima Kecamatan seperti Sungai Raya, Sungai Ambawang, Kuala Mandor, Sungai Kakap dan Rasau Jaya,” ujarnya.

Mokhtar juga mengungkapkan  21 desa ini dinyatakan rawan karhutla, karena belajar dari pengalaman sebelumnya. Desa-desa ini kerap terjadi kebakaran hutan dan lahan dikarenakan selain banyak memiliki lahan gambut, masih minimnya kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan agar terbebas karhutla.

“Untuk itu kami terus  menghimbau masyarakat, agar secara bersama-sama  menjaga dan melakukan berbagai langkah untuk menghindari terjadinya kebakaran hutan dan lahan di Kubu Raya,”  tuturnya.

Mengingat saat ini, lanjut Mokhtar sudah masuk status siaga bencana karhutla, pihak BPBD Kalbar juga telah menyanggupi jika sewaktu-waktu dilakukan water booming dan melakukan hujan buatan terutama disekitar kawasan vital seperti bandara supadio dan sekitarnya
“Kami juga  selalu berusaha  untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat agar tidak membakar lahan sembarang terutama disekitar kawasan bandara, karena bandara ini salah satu objek vital dan merupakan salah satu pintu masuk ke Kalimantan Barat,” katanya .

Selain terus memberikan penyuluhan bagi masyarakat, kata Mokhtar beberapa waktu terakhir pihaknya juga terus berkoordinasi bersama BPBD Kalimantan Barat dalam meningkatkan kualitas para persoel BPBD dan Pokmas di Kubu Raya dalam menangani kasus kebakaran yang terjadi di daerah masing-masing. (fsl)

 

Galat basis data WordPress: [Incorrect key file for table './username_wp280/wprd_comments.MYI'; try to repair it]
SELECT SQL_CALC_FOUND_ROWS wprd_comments.comment_ID FROM wprd_comments WHERE ( comment_approved = '1' ) AND comment_post_ID = 5823 AND comment_parent = 0 ORDER BY wprd_comments.comment_date_gmt ASC, wprd_comments.comment_ID ASC

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.