Rasio Sipir dan Tahanan di Indonesia 1 Banding 100

Ilustrasi

BorneOneTV – Kepala Kantor Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM)  perwakilan Kalimantan Barat Rochadi Iman Santoso mengakui jumlah petugas Lembaga Pemasyarakatan (LP)  atau sipir tak sebanding dengan jumlah Narapidana (Napi).

Rochadi mengatakan sampai saat ini, jika dibandingkan jumlah sipir dengan tahanan rasionya 1 berbanding 100. Satu orang sipir harus menjaga 100 orang tahanan.

Bacaan Lainnya

Ia memaparkan jumlah kapasitas penampungan saat ini sekitar 2.400 an orang. Pada kenyataannya kini warga binaan  termasuk dengan tahanan sudah mencapai 4.099 orang.

“Namun kenyataan fisikanya masih ada beberapa lapas yang masih bisa dioptimalkan, namun kenapa tidak bisa optimal dan isinya masih relatif banyak, karena tidak ada petugasnya,  seperti di Landak itu satu regu hanya satu orang yang jaga, menjaga lebih dari 100 orang, inikan kalau terjadi apa-apa kita nggak jamin,” paparnya kepada BorneOneTV, Minggu 13 Agustus 2017.

Lebih jauh ia mengatakan, dengan adanya penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)  kemenkum HAM di pada Agustus ini, akan menambahkl sumber daya dan tenaga yang akan disebar di seluruh Kalbar.

Untuk diketahui kemenkum HAM Kalbar akan menerima alokasi formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sebanyak 476 orang. Dari jumlah tersebut dibagi menjadi tiga bagian yakni tingkat sarjana, diploma dan Sekolah Lanjutan Tingkat atas (SLTA). Untuk jenjang S1 sebanyak 108 orang, DIII 14 orang dan SLTA 354 orang. (Bgs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.