Polda Kalteng Tangkap Cukong Pemilik Ribuan Batang Kayu Ilegal

Ribuan potong kayu bulat ilegal yang diamankan Polda Kalteng. Foto: Beni Roska

BorneOneTV – AS seorang cukong kayu diamankan petugas Polda Kalimantan Tengah dan diduga sebagai pemilik 7.140 potong kayu bulat di Sungai Barito, kabupaten Barito Selatan

Kapolres Barito Selatan, AKBP Yussak Angga kepada wartawan membenarkan jika pihaknya telah menangkap AS yang diduga sebagai pemilik ribuan potong kayu tersbeut.

Bacaan Lainnya

“AS adalah warga Barito Utara. Dia tinggal di Jalan Keladan, Kelurahan Lanjas, Kecamatan Teweh Tengah,” ujar Kapolres dalam keterangannya, Rabu 20 Agustus 2017.

Sementara itu, Direktur Kriminal Khusus Polda Kalimantan tengah , Kombes Supriyadi ketika dikonfirmasi terkait hal tersebut juga mengakui pihaknya sudah mengamankan AS.

“AS diamankan saat berada di Kabupaten Barito Selatan, setelah petugas memintai keterangan nakhoda kapal serta anak buah kapal yang diamankan terlebih dahulu di Sungai Teluk Pisang, Desa Damparan, Kecamatan Dusun Hilir,” ujar Supriyadi di Palangka Raya.

Tapi, status AS masih sebagai saksi. Sebab, menurut Supriyadi, hingga kini pihaknya belum menetapkan AS sebagai tersangka. Selain masih dalam proses pemeriksaan, pihaknya terus mencari tahu asal-muasal kayu serta legalitas kayu bulat itu.

“Polisi terus mendalami apakah AS pemilik kayu tersebut, atau ada orang lain yang terlibat dalam hal ini. Itu semua masih didalami pihak penyidik kita,” katanya.

Supriyadi menambahkan, Kapolda Kalteng Brigjen Anang Revandoko beserta dirinya hari ini mendatangi lokasi kayu bulat yang sudah diberi garis polisi. Artinya ribuan kayu tersebut sementara ini dalam pengamanan kepolisian.

“Kapolda hari ini langsung melakukan pengecekan ke lokasi penyitaan ratusan kayu bulat di Kabupaten Barito Selatan. Kita juga akan kembali melakukan penyisiran daerah aliran sungai Barito, guna mengantisifasi danya terjadi hal serupa,” kata Supriyadi.

Selain AS, nahkoda dan anak buah kapal serta kapal tugboat bernommor lambung LSS1 juga sudah disita oleh pihak kepolisian sebagai barang bukti dalam menangani temuan kayu log tersebut.

“Kami kini terus melakukan pemeriksaan lebih lanjut, baik mengenai dokumen kayu, asal kayu dari mana dan pemilik kayu berinisial AS itu siapa,” ujar Supriyadi. (Beni Roska)

Galat basis data WordPress: [Incorrect key file for table './username_wp280/wprd_comments.MYI'; try to repair it]
SELECT SQL_CALC_FOUND_ROWS wprd_comments.comment_ID FROM wprd_comments WHERE ( comment_approved = '1' ) AND comment_post_ID = 6135 AND comment_parent = 0 ORDER BY wprd_comments.comment_date_gmt ASC, wprd_comments.comment_ID ASC

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.