Detik-detik Proklamasi Di Atas Parit Nenas Siantan Hulu

Upacara Deik-detik Proklamasi di atas Parit Nenas. Foto; Dede

BorneOneTV – Kemeriahan peringatan hari Kemerdekaan Indonesia di Parit Nenas, Kelurahan Siantan Hulu, Kecamatan Pontianak Utara agak sedikit berbeda.

Kamis pagi 17 Agustus 2017, ratusan warga setempat menggelar upacara detik-detik proklamasi di atas air Parit Nenas. Sejumlah elemen masyarakat turut dilibatkan dalam upacara ini, mulai dari pihak Kecamatan hingga siswa sekolah mulai dari tingkat dasar hingga menengah.

Camat Pontianak Utara, Aulia Rachman yang juga bertindak sebagai Inspektur upacara menekankan pentingnya memperingati hari kemerdekaan, serta meneladani semangat pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan.

“Kita dekatkan upacara ini ke masyarakat agar bisa dirasakan langsung oleh masyarakat. Intinya adanya upacara di atas parit ini untuk menumbuhkan rasa cinta kepada parit dan tumbuh rasa memelihara lingkungan,” ujar Aulia kepada awak media.

Sementara itu, salah satu peserta, Yudi mengungkapkan rasa harunya setelah mengikuti upacara di atas parit. Ia mengaku baru pertama kali menjadi peserta upacara peringatan hari kemerdekaan di atas parit.

“Perasaannye bangga, karena ini hal yang unik dan baru pertama kali terjadi di Kalbar. Saya dan komunitas sungguh bangga dan senang mengikutinya,” ujar Yudi menambahkan. (dd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.