Peringati HUT RI Ke 72, Puskesmas Serdam Periksa PTM Gratis

Tenaga kesehatan di Puskemas Sungai Raya melakukan pemeriksaan kesehatan gratis saat HUT RI 72 tahun, Kamis 17 Agustus 2017. Foto : fsl

BorneOneTV – Memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 72 tahun, Puskesmas Sungai Raya memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis untuk mengantisipasi dan mencegah Penyakit Tidak Menular (PTM) masyarakat di Desa Parit Baru, Kecamatan Sungai Raya, Kubu Raya, Kamis 17 Agustus 2017.

Kepala Puskesmas Sungai Raya Dalam, Supratman mengungkapkan , Kegiatan ini merupakan bentuk syukur tim kesehatan dari Puskesmas Sungai Raya Dalam atas HUT RI yg ke 72 tahun, dengan memberikan pelayanan pemeriksaan gratis pada masyarakat, Pemeriksaan kesehatan gratis itu diantaranya, gula darah, kolesterol dan hipertensi.

“Kegiatan ini juga merupakan promosi kesehatan atas kebijakan Bupati Kubu Raya untuk mewujudkan Kubu Raya Sehat dan bentuk preventif terhadap penyakit-penyakit degeneratif,” ujar Supratman.

Supratman juga mengatakan bahwa kegiatan ini juga merupakan gerakan yang dilakukan oleh seluruh puskesmas yang ada di Kubu Raya dengan tujuan untuk mendeteksi sejak dini PTM tersebut.

Sementara itu Staf Bidang Program PTM, Puskesmas Serdam, Ismail menerangkan bahwa kegiatan ini, dilakukan oleh masing-masing puskesmas yang ada di Kubu Raya dengan target, 100 orang warga yang ada dilingkungan kerja masing-masing, dengan sasaran warga yang berusia 15 hingga 59 tahun dan lansia.

“Dulu, penyebab kematian dikarenakan penyakit menular di Kubu raya sangat tinggi, untuk itu diperlukan pencegahan dan antisipasi sejak dini,” terang Ismail.

Kegiatan yang dilakukan selama satu hari ini sangat disambut antusias oleh masyarakat dan ketika dilakukan pemeriksaan tak henti-hentinya warga datang untuk diperiksa kesehatannya, untuk itu kata Ismail, dengan gencarnya pihaknya melakukan antisipasi dan pencegahan PTM ini maka diharapkannya dapat terus menekan angka kematian yang disebabkan oleh PTM.

“Masyarakat jangan ragu-ragu untuk memeriksakan dirinya, sehingga dapat mengetahui kondisi kesehatan,” ujar Ismail.

Sementara itu, Arifin, warga setempat mengatakan sangat senang dan merasa terbantu dengan adanya pemeriksaan kesehatan secara gratis yang dilakukan oleh Puskesmas Serdam ini, dan diharapkan kegiatan semacam ini semakin sering dilakukan kedepannya. (fsl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.