Banjir 3 hingga 4 Meter Landa Barito Utara

Banjir dikapus hulu

BorneOneTV -.Banjir kembali melanda sejumlah desa dan beberapa Kecamatan yang ada di Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, mulai hari  Sabtu  hingga Minggu siang 20 Agustus 2017.

Banjir terjadi akibat hujan lebat dan  luapan air sungai Barito yang semakin tinggi, diperkirakan debit air saat ini berkisar antara 3 sampai 4 meter dibeberapa desa yang ada di Kabupaten Barito Utara.

Ketua Badan Penanggulangan Bencana  Daerah (BPBD ) Barito Utara, H Taufik, SE menyatakan bahwa banjir telah melanda beberapa kelurahan dan desa yg ada di Kabupaten Barito Utara.

Berikut ini adalah nama-nama Kecamatan, Kelurahan dan Desa yg dilanda banjir diantaranya adalah sebagai berikut :

– Kecamatan Lahei,

– Kecamatan Teweh Baru – Kelurahan Jambu ada empat RT dengan total rumah yang kena dampak banjir ratusan rumah, termasuk sekolah dan fasilitas umum.

Taufik.pun menghimbau ke seluruh masyarakat Barito Utara khususnya yang terkena dampak banjir agar waspada dan segera mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Menurut sumber BorneOneTV, debit air yang melanda Kecamatan Lahei naiknya cukup cepat. Seperti kelurahan Lahei II,  sedangkan debit air di kelurahan lahei I lebih parah dari kelurahan Lahei II, khususnya di RT 1, RT 3 dan RT 4. Sedangkan di kota Muara Teweh sendiri, beberapa ruas jalan sudah ada yang digenangi air yaitu jalan Merak, Imam Bonjol.

Hal yang senada pun di katakan Camat Teweh Baru, Ajirni, bahwa banjir pun merendam empat RT untuk Kelurahan Jambu seperti RT 4, 5, 6 dan RT 7.

“Untuk rumah warga yg terendam banjir saat ini  totalnya ada 230 rumah, 3 rumah ibadah, 2 sekolah dan dan 1 Posyandu, dan di desa Malawaken rumah warga yang terendam banjir sekitar 68 buah rumah,” ungkap  Ajirni.

Berdasarkan pantauan BorneOneTV banjir juga melanda desa Lemo, Kecamatan Teweh Tengah. Banjir diperkirakan akan terus meluas di kabupaten Barito Utara apabila hujan terus menerus  terjadi. (Beni Roska)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.