Pengamat Politik : Antisipasi Dini Konflik Pilkada

Dr. Jumadi , Pengamat Politik Universitas Tanjungpura. Foto : Bgs

BorneOneTV – Pengamat Politik Universitas Tanjungpura Dr. Jumadi mengatakan antisipasi konflik dalam rangka tahapan pemilihan kepala daerah Kalimantan Barat perlu dilakukan sejak dini.

Dirinya menilai potensi munculnya konflik pada pilkada 2018 di Kalimantan Barat cukup tinggi. Aparat kepolisian harus memetakan daerah mana saja yang memiliki potensi tinggi akan konflik tersebut sehingga bisa membuat langkah nyata guna mengantisipasi masalah tersebut.

“Sikap dan tindakan tegas aparat kemanan merupakan hal yang sangat penting dalam pengamanan pilkada, jangan sampai ada celah untuk memicu konflik yang disebabkan oleh oknum-oknum tertentu akibat dari perbedaan dukungan dan pandangan politik,” katanya kepada BorneOneTV.

Ia mengimbau masyarakat agar tidak mudah terpancing dan terprovokasi terhadap informasi yang tidak benar (hoax) karena kini informasi di media sosial sudah tak bisa dikontrol.

“Masyarakat harus bisa memilah informasi, masyarakat harus cerdas dalam menggunakan media sosial,” tambahnya.

Dirinya juga berharap kepada semua pasangan calon Kepala Daerah yang diusung oleh partai politik tidak mengunakan isu sara sebagai instrumen utama.

“Kedepankan lah visi dan misi serta program yang dapat mensejahterakan masyarakat dan kemajuan daerah, jangan isu sara yang dijadikan alat, karena di Kalbar Politik Indentitas masih tinggi,” pungkasnya. (Bgs)

Galat basis data WordPress: [Incorrect key file for table './username_wp280/wprd_comments.MYI'; try to repair it]
SELECT SQL_CALC_FOUND_ROWS wprd_comments.comment_ID FROM wprd_comments WHERE ( comment_approved = '1' ) AND comment_post_ID = 6446 AND comment_parent = 0 ORDER BY wprd_comments.comment_date_gmt ASC, wprd_comments.comment_ID ASC

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.