Kamu Merokok? Hati-hati! Cucumu Kelak Bisa Autis

Ilustrasi
banner 120x600

BorneOneTV – Jika kamu sekali merokok maka penyakit dapat menggerogoti tubuh kamu, efeknya menjadi sangat buruk bagi tubuh. Salah satu efek paling berbahaya akibat merokok adalah kanker paru-paru. Bahan-bahan kimia dalam rokok berpotensi merusak sel-sel pada paru-paru yang bisa membentuk sel kanker. Kebiasaan burukmu merokok ternyata bisa menyebabkan cucu kamu kelak menderita autisme. Hal ini diungkap sebuah studi dalam jurnal Scientific Reports.

Dilansir Indian Express, studi itu menunjukkan bahwa sifat-sifat tertentu yang berhubungan dengan autisme misalnya kemampuan berkomunikasi yang buruk atau perilaku berulang, berpeluang muncul 67 persen terutama bila nenek dari pihak ibu sewaktu muda merokok selama kehamilan.

Tak hanya itu, risiko cucu mengalami gangguan spketrum autisme (ASD) juga meningkat sebanyak 53 persen.

“Dalam hal ini ada dua kemungkinan alasannya, yakni ada kerusakan DNA yang ditularkan ke cucu atau ada beberapa respons adaptif terhadap rokok yang membuat cucu lebih rentan terhadap ASD,” kata salah satu penulis studi, Marcus Pembrey, Profesor dari Universitas Bristol di Inggris.

Untuk keperluan studi, para peneliti melibatkan para partisipan yang tergabung dalam studi “Children of the 90s”, yakni proyek penelitian pada lebih dari 14.000 perempuan hamil pada tahun 1991 dan 1992.

Temuan studi juga menunjukkan bahwa jika seorang bayi perempuan terkena asap rokok saat masih berada dalam rahim, maka hal itu dapat mempengaruhi perkembangan sel telur, sehingga pada akhirnya dapat mempengaruhi perkembangan anak-anaknya kelak. (Arah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: