Survey CSG : Masyarakat Kalbar Puas Terhadap Kinerja Pemerintah Daerah

Ilustrasi Survey. Foto : korpri.id

BorneOneTV – Lembaga Survei Cirus Surveyor Grup (CSG), merilis hasil survei tingkat kepuasan masyarakat, terhadap kinerja Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) dalam 5 tahun terakhir.

“Dari seribu responden yang diwawancarai CSG, sebanyak 52,2 persen menyatakan kepuasannya atas apa yang dilakukan pemerintah daerah,” Ungkap Direktur CSG Kadek Dwita Apriani.

Kadek Dwita menerangkan jika Cirus Surveyor Grup CSG mengklaim tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Pemerintah Daerah, dirasakan mulai dari kinerja Pemerintah Kabupaten Kota hingga Pemerintah Provinsi.

“Kepuasan yang dirasakan masyarakat terjadi pada sejumlah sektor, antara lain, pelayanan sektor pendidikan, kesehatan serta pengurusan adminitrasi kependudukan,” Jelas Kadek.

Menurutnya, dari pertanyaan yang diajukan dalam wawancara tatap muka antara petugas survei dengan 1.000 responden secara acak di 14 Kabupaten Kota, masyarakat menilai apa yang dilakukan pemerintah daerah untuk tiga pelayanan publik itu sangat baik.

“Kendati demikian, masih berdasarkan hasil survei, ada sejumlah masalah yang menjadi pekerjaan rumah dan harapan masyarakat Kalbar namun belum terselesaikan di masa kepemimpinan Gubernur Kalbar Cornelis dan Wakilnya Christiandy Sanjaya,” Ungkapnya.

Lanjut Kadek, Pekerjaan rumah tersebut memang menjadi masalah klasik, antara lain, masyarakat ingin infrastruktur seperti jalan dan jembatan terus ditingkatkan kualitasnya.

“Mengingat perbaikan ini harus dilakukan secara berjenjang karena adanya batas kewenangan antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten Kota,” Katanya.

Kadek Dwita menambahkan, keinginan masyarakat Kalbar untuk pelayanan infrastruktur itu menjadi tantangan tersendiri bagi siapapun yang akan maju dalam Pilkada Kalbar, menggantikan Cornelis dan Christiandy Sandjaya.

“Bahkan saya menilai, jika isu infrastruktur dasar tersebut akan menjadi isu central dalam Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar tahun 2018,” Pungkasnya. (Budi)

Galat basis data WordPress: [Incorrect key file for table './username_wp280/wprd_comments.MYI'; try to repair it]
SELECT SQL_CALC_FOUND_ROWS wprd_comments.comment_ID FROM wprd_comments WHERE ( comment_approved = '1' ) AND comment_post_ID = 6836 AND comment_parent = 0 ORDER BY wprd_comments.comment_date_gmt ASC, wprd_comments.comment_ID ASC

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.