Pilkades Serentak Ditunda, Masalah DPT dan Dana Pengamanan Belum Diselesaikan

Kertedipora, Kepala Bidang Pemerintahan Desa dan Kelurahan DPMDes Kabupaten Kapuas. Foto : Beni Roska
banner 120x600

BorneOneTV – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2017 yang akan diselenggarakan pada 4 September 2017 mendatang tertunda. Pasalnya ada beberapa pertimbangan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDes) Kabupaten Kapuas, sehingga harus mengundur agenda pilkades serentak tersebut.

Kadis DPMDes Kabupaten Kapuas, Drs Ibak melalui Kabid Pemerintahan Desa dan Kelurahan, Kertidipora mengungkapkan, Pilkades serentak di 44 desa yang tersebar di Kabupaten Kapuas harus diundur karena Daftar Pemilih Tetap (DPT) di sebagian desa ada yang belum rampung.

“Untuk Pilkades serentak memang ditunda, walau pun selama ini kami ada acuan sementara untuk agenda Pilkades ini, akan tetapi karena sebagian desa ada yang belum lengkap menyampaikan DPT nya maka kita tidak akan bisa melaksanakan Pilkades serentak ini,” ungkap Kertidipora kepada BorneOneTV di ruang kerjanya.

Oleh karena itu, katanya DPT harus dirampungkan dulu agar pencetakan kertas suara dapat dilakukkan.

“Untuk pencetakan kertas suara itu berkisar antara 3 minggu, kalau DPT nya belum dirampungkan maka kita tidak bisa mengerjakan pencetakan kertas suara,” ujar Kertedipora.

Namun, dalam hal ini pihaknya sudah melakukkan rapat untuk membuat jadwal baru Pilkades serentak tahun 2017 ini.

“Kita rencanakan yang tadinya akan dilaksanakan pada 4 September akan diundur pada 18 September dan kita tinggal menunggu ketetapan dari Bupati Kapuas, karena Kepala Dinas sudah mengajukan hasil rapat tersebut kepada Bupati Kapuas,” katanya.

Selain terkendala masalah DPT, pihaknya juga masih belum menerima dana untuk pengamanan Pilkades serentak tersebut.

“Kita juga masih menunggu dana pengamanan untuk Pilkades serentak ini, agar dalam pelaksanaannya nanti bisa berjalan dengan aman, tertib dan terkendali,” tambahnya.

Karena, sambungnya, tanpa dana pengamanan pihaknya tidak bisa melaksanakan pilkades serentak tersebut.

“Walaupun DPT sudah rampung, kalau dana pengamannya tidak ada maka kami tidak bisa melaksanakan kegiatan Pilkades serentak ini,” katanya.

Akan tetapi, dirinya tetap optimis, Pilkades serentak tahun ini bisa berjalan dengan lancar.

“Makanya kita menunggu penetapan dari Bupati Kapuas dulu. Dan juga kami disini Sekretariat sudah mempersiapkan logistik berupa surat mandat dan sebagainya, dan kami sudah membagi tim disetiap desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak ini,” terangnya.

Kertidipora tetap mengharapkan, Pilkades serentak 2017 kali ini bisa berjalan dengan lancar, aman dan sesuai dengan apa yang diharapkan.

“Yang pastinya kita berharap Pilkades serentak ini bisa berjalan sebagaimana apa yang sudah kita rencanakan,” Pungkasnya. (Beni Roska)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: