Nasib Serikat Pekerja GEGER BUMN PLN Kalbar Resah

foto andre
banner 120x600

KubuRaya,BorneoneTV, Puluhan orang perwakilan dari Serikat Pekerja  Mandiri Gerakan Bersama Buruh Pekerja BUMN  wilayah Kalbar  mengancam akan mogok kerja  jika  tuntutan mereka status sebagai pekerja tetap disalah satu anak perusahaan Pln wilayah Kalbar tidak dipenuhi managmen .

sudah sekian tahun pihak managmen PLN  wilayah Kalbar belum ada memberikan solusi  dan kepastian hukum atas status pekerja  yang sudah mengabdi puluah tahun bekerja pada  PLN  melalui  perusahan aoutsourching  yang ditunjuk PLN Kalbar untuk  melaksanakan  kegiatan teknik  dan non teknik.

Pada pertemuan untuk kesekian kalinya  persoalan ini disampaikan kepada pihak managemen,namun belum membuahkan hasil yang menggembirkan bagi seriakt pekerja, bahkan GM PLN  wilayah Kalbar ,richrad  belum bisa mengambil keputusan atas tuntutan serikat pekerja dari 9 kabupaten yang bekerja di rayon rayon PLN se Kalbar alias declok .Dalam pertemuan  ini seluruh awak media dilarang  masuk dengan alasan bersifat internal.

Menurut Sekjen Dewan Pimpinan Serikat Pekerja Mandiri Gerakan Bebersama buruh  pekerja BUMN Wilayah Kalbar (Geger BUMN),Agustino,H.asa  ,dari 8 point tuntutan dari perwakilan serikat pekerja tersebut ,diantaranya menuntut status  sebagai pekerja tetap ,dan menolak  segala bentuk alih daya  karena alih daya  merugikan pekerja hal ini mengindikasikan  bentuk pelangaran ham dan merupakan pelangaran hukum karena memperdagangkan manusia dalam bentuk kontrak illegal .

Serikat pekerja mendesak PLN  wilayah Kalbar  segera melaksanakan putussan panja komsi IX DPR RI   tahun 2013  yang telah diperkuat  oleh putusan MK no 27 tahun 2011  mengenai legalitas  pekerja dilingkungan PLN .

Sementara itu pihak managemen PLN  wilayah Kalbar melalui Kepala humas PLN ,Dedi  kepada awak media mengatakan bahwa persoalan serikat pekerja ini  akan ditindaklanjuti dalam waktu dekat .Namun karena regulasi PLN  lah yang membaut kondisi nasib pekerja autsourching  dibawah lingkungan Pln wilayah Kalbar menjadi tidak jelas .

Ditegaskan oleh serikat pekerja jika dalam waktu 2 bulan pihak mangemn pln wilayah Kalbar tidak memberikan  kepastian hukum dan ketidak jelasan status pegawai mereka  akan demo dengan jumlah massa   yang besar dan aksi mogok kerja berdampak pada pemadaman  listrik se Kalbar secara besaran selama seminggu .(Andre)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: