Bank Kalbar Juara pertama Dalam Lomba arakan Pengantin Tahun 2017

foto Agus

Pontianak BorneoneTv -Dalam rangka  menyemarakan hari jadi kota Pontianak ke 246 ,Pemerintah Kota Pontianak mengglear Festival arakan pengantin yang di ikuti  8 peserta, terdiri dari enam kecamatan sekota Pontianak,satu peserta dari bank kalbar serta satu peserta dari kabupaten Kayong utara.

.Biasa jalan ahcmd yani penuh dengan kegiatan care Fre daya .kali ini jalan Achmad yani dimeriahkan an dengan Iring-iringan pengantin  memenuhi ruas Jalan Ahmad Yani, Pontianak, Kalimantan Barat. Merekah peserta Festival Arakan Pengantin dalam rangka menyambut HUT ke-246 Pontianak.

Ada delapan rombongan arak-arakan pengantin. Peserta Festival Arakan Pengantin dilepas Wali Kota Pontianak Sutarmidji dan Wakil Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono dari halaman Museum Negeri Provinsi Kalbar menuju Masjid Raya Mujahidin.
Masing-masing rombongan terdiri dari sepasang pengantin, orang tua pengantin, pembawa pohon manggar dan telok, musik tanjidor, serta pembawa barang-barang hantaran dari calon pengantin pria. Festival Arakan Pengantin ini lebih kepada melestarikan kreasi pengantin Melayu Pontianak.

“Bagaimana mengkreasikan pakaian pengantin tetap berciri dan berpenampilan tradisional, tapi kelihatan modern. Sehingga, menjadi daya tarik tersendiri,” kata Sutarmidji dalam sambutannya di halaman Museum Negeri Provinsi Kalbar di Pontianak, Minggu 15 Oktober 2017.Kreasi barang hantaran yang dibawa rombongan menjadi daya pikat tersendiri. beberapa sudah jarang ditemui pada arakan pengantin sesungguhnya. Semua dikemas dengan rapi, unik dan menarik.

Berbagai pernak-pernik yang dikenakan pengantin juga cukup mencuri perhatian. “Mulai dari sepatu sampai jamang (perhiasan), itu semua bisa dikreasikan,” tambah Sutarmidji.

Safarudin Usman , salah satu juri, menjelaskan, ada tiga hal yang dinilai dalam Festival Arakan Pengantin ini. Masing-masing yaitu tempat sirih, bokor uang asap, dan mahar berupa perhiasan atau cincin kawin.,jika salah penempatan antaran dalam arakan pengantin ini maka  nila tradisi dan esttikanya  berkurang sehingga mempengarahu penilain dewan juri ”Pada tahun ini ,lomba arakan pengantin sebagai pemenang pertama jatuh pada peserta   dari Bank Kalbar sedangkan , juara 2 dari Pontianak Utara dan Pontianak Timur meraih juara ketiga . ..

Usai arakan pengantin  ,ditutup dengan acara lomba tanjidor ,dimana walikota Pontianak, wakil walikota  serta unsur pejabat pemkot dan para peserta lainnya melakukan atraksi  joget bersama yang diringi musik tanjidor dengan membawakan lagu khas melayu Pontianak sehingga menambah kemeriahan semaraknya hari  jadi kota Pontianak ke 246 tahun ini . (Wuri )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.