Hindari Penularan Rabies, Polsek Toho Vaksinasi Seribu Hewan

foto yanto

Mempawah – Borneonetv, Mengantisipasi virus rabies di wilayah hukumnya, jajaran Kepolisian Sektor Toho Kabupaten Mempawah bekerja sama dengan Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Mempawah menggelar kegiatan vaksinasi anti rabies. Kegiatan dimulai sejak Senin (16/10) pekan lalu. Sasarannya delapan desa di Kecamatan Toho dengan target seribu ekor hewan peliharaan.

Kapolres Mempawah, Didik Dwi Santoso melalui Kepolsek Toho, Gatot Poerwanto menjelaskan, kegiatan vaksinasi merupakan langkah strategis untuk menangkal penyebaran virus rabies di masyarakat. Hal ini mengingat Kecamatan Toho merupakan salah satu daerah rawan penyakit rabies di Kabupaten Mempawah. “Untuk kegiatan vaksinasi ini kita fokuskan pada Desa Kecurit. Sejumlah personel kami turunkan untuk membantu petugas dari Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten di lapangan,” kata Gatot menerangkan.

Selain Desa Kecurit, Gatot mengungkapkan kegiatan vaksinasi akan menyasar delapan desa di Kecamatan Toho. Di permukiman masyarakat, petugas akan menyambangi dari pintu ke pintu untuk melakukan vaksinasi terhadap hewan peliharaan milik warga. Mulai hewan anjing, kucing, dan sejenisnya. “Di Desa Kecurit kita melakukan vaksinasi terhadap 200 ekor hewan peliharaan milik masyarakat setempat. Secara keseluruhan kami menargetkan vaksinasi terhadap seribu hewan peliharaan mulai September-Oktober,” sebutnya.

Untuk itu, Gatot mengharapkan kerja sama dan partisipasi seluruh elemen masyarakat Kecamatan Toho dan sekitarnya. Ia mengajak masyarakat untuk mendukung kegiatan vaksinasi. Caranya dengan melaporkan keberadaan hewan peliharaan kepada petugas agar segera mendapatkan suntikan vaksin. Menurut dia, tanpa dukungan dan kerja sama warga, kegiatan vaksinasi tidak akan berjalan lancar. “Karena itu, kami sangat mengharapkan kesadaran masyarakat untuk menyerahkan hewan peliharaannya agar dapat diberikan vaksin. Sehingga hewan tersebut bebas dari penularan rabies,” tuturnya.(yanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.