Memperingatan Hari Sumpah Pemuda, Siswa SDN 01 Sungai Pinyuh Berperan Aktif Ikut Pawai.

banner 120x600

Mempawah – Borneonetv, Momen peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini, Senin (30/10), dimanfaatkan SDN 01 Sungai Pinyuh dalam rangka mengikuti pawai, yang digelar UPT Disdikporapar dan Ikatan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (IK3S).

Murid-murid tersebut ambil bagian menggunakan pakaian seragam dan atribut yang unik dari berbagai daerah di tanah air serta membawa alat drum band yang semakin menambah kemeriahan selama dijalan. Mereka berjalan kaki melakukan pawai di sekitar lingkungan sekolah. Meski sederhana, tampilan murid-murid sekolah dasar ini mencuri perhatian warga sekitar yang ikut menyaksikan.

Pawai dengan berpakaian seragam dan atribut yang unik ini memang baru pertama kalinya mereka laksanakan. Para wali murid ikut menyaksikan anak-anak mereka tersenyum ceria mengikuti pawai tersebut, agar mereka mengerti ke Bhinneka Tunggal Ika yang selalu menyatukan rakyat Indonesia ini.

Salah satu anggota Ikatan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (IK3S), yang juga menjabat sebagai Kepala Sekolah SDN 16 Sungai Pinyuh, Ramdhani mengatakan, di hari Sumpah Pemuda ini, seluruh siswa pawai pakaian adat untuk lebih mendekatkan dan mengenalkan pakaian adat yang ada di Indonesia. Bahkan para siswa diharapkan agar mampu mengeluarkan semua kemampuan yang ada dalam dirinya dan menjadi lebih berkembang.

“Tentunya kami sebagai guru akan terus membimbing para siswa agar mereka bisa mengeluarkan kemampuan ataupun bakat dalam dirinya. Kami juga memberikan kebebasan kepada siswa untuk berkreasi namun tetap dalam bingkai norma yang wajar dan baik,” tandasnya.

Salah seorang siswa, Abi Nayah Zaidan, mengungkapkan rasa bangganya bisa berpartisipasi dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda. Menurut siswa kelas 4 ini mengharapkan agar bangsa Indonesia yang beragam latar belakang kesukuan ini dapat menjaga kebersamaan dan kerukunan.“Kami ingin agar bangsa Indonesia bisa hidup damai diantara keberagaman suku,” harapnya. (yanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: