Operasi Zebra Kapuas Tekan Angka Pelanggaran Berlalulintas

foto yanto

Mempawah – Borneonetv, Mencegah terjadinya kecelakaan lalulintas, serta mendorong kesadaran masyarakat tertib berlalu lintas. Polres Mempawah, Rabu (1/11), memulai Operasi Zebra Kapuas 2017, yang dimulai dengan upacara gelar pasukan di Halaman Mapolres Mempawah, yang dipimpin langsung Kapolres Mempawah, AKBP Didik Dwi Santoso, S.ik.

Dalam sambutannya, Kapolres Mempawah, AKBP Didik Dwi Santoso, S.ik mengatakan, para pengendara jangan pernah menyepelekan surat-surat dan perlengkapan kendaraan bermotor di jalan raya, serta disiplin berlalu lintas di jalan raya.

“Operasi ini, digelar untuk menegakkan disiplin berlalu lintas di jalan raya. Tujuannya untuk menekan pelanggaran sekaligus angka kecelakaan lalulintas. Dimana operasi ini akan menitikberatkan pada penindakan seluruh pelanggaran pengguna jalan, yang melintas di jalan umum di wilayah hukum Polres Mempawah,” katanya.

Apalagi sebab angka kecelakaan di jalan raya salah satunya disebabkan oleh ketidakpatuhan masyarakat pengguna jalan terhadap disiplin dan etika berlalulintas.

 “Kita berharap kesadaraan disiplin dan kepatuhan berlalulintas oleh masyarakat lebih meningkat. Berdasarkan hasil evaluasi, pelanggaran yang jamak ditemukan di lapangan diantaranya terkait kelengkapan kendaraan, baik dalam surat-surat kelengkapan berkendara hingga kelengkapan keamanan dan keselamatan di jalan raya. Seperti berkendara tak dilengkapi SIM/ STNK, tidak mengenakan helm, lampu yang tidak sesuai, spion, knalpot bobokan, tonase, serta dimensi muatan kendaraan,” tuturnya.

Lanjutnya lagi, Didik Dwi menjelaskan, sasaran utama dalam operasi ini yakni mempertingi kesadaran berlalu lintas pengendara sepeda motor dan angkutan umum. Pasalnya kecelakaan dan kemacetan arus lalu lintas banyak disebabkan kurang disiplinnya pengendara sepeda motor dan pengemudi angkutan umum.

“Semua ini, demi menciptakan kondisi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas serta upaya untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu-lintas yang saat ini dirasakan masih kurang serta untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri,” ungkapnya. (yanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.