Sampah Berserakan, Kesehatan Warga Memprihatinkan

foto yanto

Mempawah – Borneonetv, Tumpukan sampah yang berserakan dipinggir jalan kembali menjadi persoalan bagi warga Sungai Pinyuh, tepatnya di jalan Pendidikan Sungai Pinyuh.
Pasalnya selain menyerbakan bau tidak sedap, tumpukan sampah ini juga mengganggu pengendara yang melintas, bahkan warga setempat juga khawatir akan kesehatan anak-anak mereka.
Dari pantauan Borneonetv di lapangan, tumpukan ini terjadi hampir setiap hari berbagai macam jenis sampah menumpuk dipinggiran jalan pendidikan, akibatnya banyak masyarakat yang melintas juga terpaksa harus menutup hidung dan mempercepat langkahnya lantaran tidak kuat menahan bau busuk yang menyengat.
Salah satu warga Jalan Pendidikan, Agus mengatakan, pembuangan sampah yang tidak diurus dengan baik akan menimbulkan masalah besar.
“Karena penumpukkan sampah sembarangan di tempat terbuka akan berdampak menjadi pencemaran lingkungan yang mengancam kesehatan. Apalagi kalau selesai hujan, bau sampah nya akan semakin menyengat sehingga tercium,” Ungkapnya, Selasa (7/11).
Hal yang sama juga dirasakan warga selaku pengguna jalan, Ayu menjelaskan, selain mencemari lingkungan, bau sampah yang menumpuk di pinggir jalan juga mengganggu para pengguna jalan yang sedang melintas.
“Saya tidak tahan kalau lewat jalan situ, meski sudah memakai masker, bau busuk dari tumpukan sampah tersebut masih menembus hidung saya. Dan saya juga berharap pemerintah mensosialisasikan terkait permasalahan sampah kepada masyarakat, agar masyarakat memiliki etika kebersihan dengan tidak membuang sampah dipinggir jalan lagi,” pungkasnya. (yanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.