Jadikan Pahlawan Inspirasi Generasi Penerus

foto Yanto
banner 120x600

Mempawah – Borneonetv, Peringatan Hari Pahlawan di Kabupaten Mempawah ditandai dengan upacara di Halaman Kantor Bupati Mempawah, Jumat (10/11/2017). Inspektur Upacara dipimpin Wakil Bupati Gusti Ramlana, kesempatan tersebut, membacakan sambutan tertulis dari Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa. Turut hadir jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Mempawah dan para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mempawah.
Pada sambutan tersebut, Gusti Ramlana, mengatakan setelah kemerdekaan diraih, tahapan selanjutnya adalah bersatu. Setelah bersatu, maka bangsa Indonesia baru bisa memasuki tahapan bernegara berikutnya, yaitu berdaulat, adil dan makmur. “Apabila kita mampu bersatu sebagai satu bangsa, maka kita dapat maju bersama-sama dan mendistribusikan berkah kemerdekaan bagi seluruh masyarakat Indonesia,” ujarnya Ramlana.
Lanjutnya lagi sikap kepahlawanan itu sendiri, menjadi komitmen para pejuang pendiri bangsa untuk memersatukan bangsa sehingga melahirkan sikap kepahlawanan, kesetiakawanan sosial serta menguatkan memori kolektif bangsa saat itu.
“Seluruh masyarakat harus memaknai semua itu bukan hanya sekadar ungkapan saja, tetapi harus dijadikan sebagai kekuatan moral yang dapat diterapkan di semua aspek kehidupan berbangsa dan bernegara, untuk Indonesia pada masa kini dan mendatang,” katanya.
Setelah itu, acara dilanjutkan upacara dan tabur bunga di Makam Pahlawan Tuna Bangsa Mempawah, di Desa Penibung, Kecamatan Mempawah Hilir, yang dipimpin Kapolres Mempawah, AKBP Didik Dwi Santoso, S.ik. (yanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: