Warga Berharap Robo-Robo Meriah

foto Pedagang lelong (Yanto )

Mempawah – Borneonetv, Even budaya Robo-robo yang jatuh 15 November 2017, adalah agenda tahunan yang sangat dinanti masyarakat Kabupaten Mempawah. Oleh sebab itu, masyarakat mengharapkan pemerintah Kabupaten menyelenggarakannya dengan meriah.
“Semoga tahun ini penyelenggaraan Robo-robo dapat lebih meriah dari tahun sebelumnya. Karena merupakan agenda tahunan yang akan menyedot banyak pendatang ke Kabupaten Mempawah, terutama di wilayah Kuala Mempawah ini,” ungkap Sandi, salah seorang warga Kuala Mempawah.
Menurut dia, Robo-robo tak hanya menarik minat wisatawan domestik di wilayah Kalbar. Namun juga wisatawan Domestik lainnya di seluruh Indonesia. Bahkan wisatawan asing juga banyak yang datang untuk menyaksikannya. Sehingga apabila tidak dipersiapkan secara matang dan meriah, maka event budaya tersebut tidak akan meninggalkan kesan.
“Sayangkan kalau dilaksanakan hanya dengan kondisi yang biasa-biasa saja. Sebab momen seperti inilah yang dapat menarik wisatawan baik domestik maupun manca negara datang ke Kabupaten Mempawah, selain akan meningkatkan perekonomian, juga memperkenalkan kebudayaan kita yang tak lekang oleh zaman,” tuturnya.
Hal senada diungkapkan Siti, warga Kuala Mempawah lainnya. Dia juga mengharapkan kegiatan Robo-robo kali ini dapat berlangsung meriah.
“Sebelumnya selain kegiatan kebudayaan, ada pula berbagai macam perlombaan yang dilaksanakan. Ini tentunya harus dipertahankan. Kalau perlu ditingkatkan lagi,” ucapnya.
“Sehingga cerita positif akan kegiatan kebudayaan kita akan sampai pada tempat tinggal mereka. Jangan sampai kegiatannya asal-asalan, jadi malah akan mendapatkan respon negatif. Ini yang tidak kita inginkan,” katanya.
Sedangkan hasil pantauan Borneonetv di lapangan, perayaan robo-robo yang dipusatkan di Kompleks Pelabuhan Regional Kuala Mempawah. Terlihat seperti tahun-tahun sebelumnya, momentum perayaan robo-robo akan menjadi berkah bagi para pedagang untuk menggelar barang-barang dagangannya. (yanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.