Dharma Wanita Pulpis Gelar Pemerikasaan IVA

foto(Bah ) Dharma Wanita Pulpis

PULANG PISAU,BorneoneTv – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Pulang Pisau menggelar kegiatan sosialisasi pentingnya kesehatan reproduksi perempuan melalui pemeriksaan IVA guna menciptakan keluarga sehat dan sejahtera di Puskesmas Bereng, Kecamatan Kahayan Hilir. Dalam kegiatan itu hadir Ketua TP PKK, Hj Nunu Adriani Edy Pratowo, sekaligus membuka secara resmi acara sosialisasi tersebut.

Menurut Hj Nunu Edy Praatowo, melalui kegiatan ini, dia berharap masyarakat dapat memahami terkait kangker servik atau kangker leher rahim yang merupakan permasalahan global di dunia, khususnya di negara yang sedang berkembang, karena jumlahnya terus bertambah. Selain itu kata Ibu Nunu, jumlah kematian yang diakibatkan oleh penyakit ini meningkat. ” Kanker servik dan kangker payudara merupakan dua jenis kangker penyebab kematian tertinggi wanita di Indonesia, ” terah Hj Nunu.

Dia juga mengatakan, kejadian kangker ini sangat mempengaruhi hidup penderita dan keluarga. Oleh karena, diperlukan upaya penanggan kangker servik terutama dari segi pencegahan, sangtlah di perlukan. upaya promotif dan preentif ini diharapkan dapat menurunkan angka kesakitan dan kematian. ” Dengan adanya deteksi dini menggunakan papsmear atau IVA untuk kangker servik dan kangker payudara, kejadian kangker dapat diketahui lebih awal, sehingga bisa dilakukan upaya pencegahan, ” harapnya (bah/git)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.