Dorong Keterbukaan Informasi, TAF dan JARI Lanjutkan Kerja Sama dengan KI Kalba

Pontianak,BorneoneTv—The Asia Fondation (TAF) dan JARI Indonesia Borneo Barat akhirnya memutuskan akan melanjutkan kerja sama dengan Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Barat (KI Kalbar) pada 2018 mendatang. Hal itu disampaikan menyusul setelah diadakan evaluasi dengan menganalisa secara menyeluruh.

Faisal Riza dari JARI menyatakan, pihaknya telah melakukan kajian dan evaluasi terhadap apa yang dicapai dalam kerja sama tahun 2017 ini. “Tujuannya ada dua hal, pertama, melakukan evaluasi terhadap program-program yang telah dilaksanakan pada tahun sebelumnya. Kedua, menjajaki keberlanjutan program itu pada tahun 2018 mendatang,” kata Fasilitator dari JARI Borneo Barat di Pontianak (15/11).

Hadir mewakili TAF Kordinator Program di Kalimantan R. Alam S.P dan Margaretha TW, dari JARI hadir Hasymi, Achu, Sani dan lain lain, sedangkan dari KI Kalbar hadir lengkap R. Vici Paulyn (Ketua), Hawad Sriyanto (Wakil Ketua), Chatarina Pancer Istiyani (Kordinator Bidang Advokasi, Sosialisasi dan Edukasi), Abang Amirullah (Kordinator Penyelesaian Sengketa Informasi) dan Syarif Muhammad Herry (Kordinator Bidang Kerja Sama dan Hubungan Antar Lembaga).

    Alam S.P menilai capaian kerjasama yang meliputi SOP Pelaksanaan Putusan KIP, Hasil Assesment Badan Publik, Kampanye Keterbukaan Informasi Publik dan Surat Edaran Layanan Informasi Publik merupakan terobosan baik dalam mendukung implementasi keterbukaan informasi publik.

“Ke depan kita bisa menggagas skema-skema kerja sama  yang lebih inovatif untuk mencapai pemahaman keterbukaan informasi publik dan memakai instrumen yang ada dalam keterbukaan informasi publik, terutama untuk sasaran di tingkat grassroot”  jelas R. Alam.

Ditambahkan Margaretha, pihaknya menghargai terlaksananya kerja sama ini dengan capaian-capaian terstruktur dalam berbenntuk instrumen hukum seperti SOP dan Surat Edaran. “Cukup memberikan pengaruh terhadap keterbukaan informasi publik di Kalbar, meskipun ada catatan-catatan penting untuk perbaikan ke depan,” tegas Tata, putri asli Kalbar yang berkarir di Jakarta ini.

Terhadap hal itu Ketua KI Kalbar R. Vici Paulyn menyatakan terima kasih kepada TAF dan JARI serta menyambut baik gagasan untuk keberlanjutan kerja sama ini. “Kerja sama  ini sangat membantu KI Kalbar di tengah keterbasan sumberdaya pada awal-awal tahun KI Kalbar melaksanakan tugasnya. Tentu keberlanjutan kerja sama ini kami sambut baik agar lebih terukur dan tepat sasaran,” jelas Vici.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.