Panembahan dan Bupati Ziarah ke Makam Opu

foto Ziarah KemakaM Daeng Menambon (Yanto )

Mempawah – Borneonetv, Panembahan Mempawah, Pangeran Ratu Mardan Adijaya Kusuma Ibrahim, beserta kerabat Istana Amantubillah Mempawah, Selasa (14/11/2017) pukul 09.00 WIB, berziarah ke Makam Opu Daeng Manambon di Sebukit Rama. Ritual ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Perayaan Robo’-Robo’, yang puncaknya dilaksanakan Rabu (15/11/2017).
Ribuan masyarakat dari pelbagai penjuru daerah pun berdatangan dan memadati lokasi makam, baik yang ikut berziarah maupun hanya sekedar melihat rombongan kerajaan dan pejabat Pemerintah Kabupaten Mempawah melakukan ziarah. Laskar Istana Amantubillah yang dibantu petugas Polres Mempawah, dan Polisi Pamong Praja Kabupaten Mempawah, terlihat mengamankan Sebukit Rama agar prosesi ritual ziarah berjalan aman, tertib dan lancar.
Selesai membaca Surah Yasin, Panembahan Mempawah beserta kerabat Istana Amantubillah, Bupati Mempawah, Ria Norsan, jajaran Muspida dan para pejabat Pemkab Mempawah, melaksanakan tabur bunga di Makam Opu Daeng Manambon.
Ritual Robo’-Robo’ mengenang kedatangan atau napak tilas perjalanan Opu Daeng Menambon yang bergelar Pangeran Mas Surya Negara dari Kerajaan Matan di Kabupaten Ketapang ke Kerajaan Mempawah yang kini Kabupaten Mempawah pada tahun 1737 M/1448 H, diisi dengan sejumlah rangkaian kegiatan.
Diantaranya, mengumandangkan azan dan disusul dengan pembacaan doa yang dilakukan oleh Pemangku Adat Istana Amantubillah Mempawah. Prosesi berikutnya yaitu Ritual Buang-buang. Sedangkan ritual terakhir adalah Makan Saprahan. Puncak perayaan Robo’-Robo’ setiap tahun berlangsung di Pelabuhan Kuala Mempawah. (yanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.