Tidak Semua PNS di Pemda kabupaten Mempawah Disiplin

foto take :Asisten Administrasi dan Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Mempawah, Suwanda.

Mempawah – Borneonetv, Sebanyak 101 pegawai negeri sipil mengikuti sosialisasi peraturan tentang disiplin pegawai di Aula Kantor Bupati Mempawah, Selasa (28/11). Digelar Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Mempawah, sosialisasi dibuka Asisten Administrasi dan Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Mempawah, Suwanda.

Dalam sambutannya Suwanda menyebut tidak semua pegawai negeri sipil pernah membaca peraturan pemerintah yang berkaitan dengan disiplin pegawai. Alih-alih memahami dan mengimplementasikannya. Padahal, menurut dia, kunci sukses adalah berawal dari kedisiplinan. “Di samping harus memahami isi peraturan, tak kalah pentingnya adalah penerapan di lingkungan kerja masing-masing,” ia menegaskan.

Lanjutnya lagi, Suwanda menuturkan, penurunan kedisiplinan umumnya disebabkan sejumlah aspek. Di antaranya terjadi disharmoni baik antara pimpinan dengan bawahan maupun antara pegawai dengan pegawai lainnya. Selain itu, sering terjadi pembagian tugas yang tidak jelas dan tidak merata. Ada pegawai yang dibebani tugas terlalu banyak, sementara yang lain sedikit.

“Dalam konteks inilah sehingga peranan pimpinan harus mampu menempatkan diri secara adil dan proporsional,” katanya mengingatkan.

Menurut Suwanda, dalam menjalankan tugas, seorang PNS sudah saatnya membiasakan yang benar dan bukan hanya membenarkan yang biasa. Ia mengajak untuk meninggalkan budaya-budaya kerja yang kurang tepat demi mengangkat diri dan harga diri pegawai negeri sipil lebih baik.

“Hasil dari sosialisasi ini harus dapat diimplementasikan agar dapat membantu pemerintah kabupaten dalam melaksanakan pemerintahan dan memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ucapnya. (yanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.