Waspada Cuaca Ekstrim

foto :Wakil Bupati Mempawah, Gusti Ramlana,

Mempawah – Borneonetv, Kondisi cuaca di Kabupaten Mempawah yang tidak menentu akhir-akhir ini menuntut kewaspadaan seluruh lapisan masyarakat. Hujan lebat, petir, angin kencang hingga banjir merupakan bentuk cuaca ekstrim yang bisa menimbulkan bencana bagi siapa saja. Karena itu, masyarakat diminta berhati-hati dengan perubahan alam seperti sekarang ini.

“Tidak ada salahnya kita mewaspadai cuaca ekstrim supaya jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan bersama,” kata Wakil Bupati Mempawah, Gusti Ramlana, kepada Borneonetv.

Dimna Gusti Ramlana mencontohkan cuaca ekstrim yang diakibatkan curah hujan yang tinggi bisa berakibat banjir, pohon tumbang hingga tanah longsor. Jika masyarakat tidak mewaspadainya ataupun berhati-hati bukan tidak mungkin menimbulkan korban.

“Jika terjadi hujan deras disertai angin kencang dan petir, diusahakan tidak berada diluar rumah. Jikapun terpaksa maka disarankan tidak berada di dekat pohon yang berukuran besar,” ujarnya.

Demikian halnya dengan warga yang berprofesi sebagai nelayan, Gusti Ramlana juga meminta supaya selalu memperhatikan dan memperhitungkan dengan cermat kondisi alam, khususnya soal terpaan angin.

“Kita tentu memahami soal mata pencaharian dari nelayan, tetapi juga jangan lupakan soal keselamatan. Kalau memang cuaca tidak memungkinkan, jangan memaksakan diri untuk melaut,” pungkasnya. (yanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.