Pilkada Serentak 27 Juni Mendatang Masyarakat Harus Menjaga Situasi Keamanan dan Ketertiban

Mempawah – Borneonetv, Menyongsong pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak pada Juni mendatang, Penjabat Gubernur Kalimantan Barat Dodi Riyadmadji mengajak seluruh elemen masyarakat menjaga situasi keamanan dan ketertiban yang selama ini telah kondusif. Selain itu, Dodi meminta semua pihak bersikap bijaksana dan kritis menyaring semua informasi terkait pilkada. Bahkansemua pihak juga berkewajiban memelihara keutuhan NKRI.

“Maka peliharalah persatuan dan kesatuan bangsa untuk membangun Kalimantan Barat umumnya dan Kabupaten Mempawah khususnya menjadi lebih baik dan lebih maju serta berdaya saing,” kata Dodi saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Mempawah, Jumat (26/1/2017)kemaren.

Didampingi sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, kedatangan Dodi yang juga menjabat Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri ini disambut langsung Bupati Ria Norsan dan Wakil Bupati Gusti Ramlana beserta sejumlah unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Mempawah di Kantor Bupati Mempawah.

Terkait pilkada, Dodi menuturkan pihaknya menganalisis peta permasalahan di semua daerah, khususnya di 171 daerah yang akan melaksanakan pilkada. Kalimantan Barat, menurut dia, memiliki permasalahan yang harus diantisipasi sejak awal. Hal tersebut supaya situasi dan kondisi tetap dingin sehingga tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Pesan khusus disampaikan Dodi kepada Bupati Ria Norsan yang menjadi salah satu kontestan pilkada Gubernur Kalimantan Barat.

“Kebetulan Pak Bupati merupakan Calon Wakil Gubernur 2018 nanti. Kami sangat berharap Pak Bupati agar dalam pelaksanaan pilkada nanti tetap memegang koridor menjaga persatuan dan kesatuan. Ini penting untuk mendinginkan suasana di Kalimantan Barat,” ungkapnya.

Lanjutnya lagi, Dodi mengungkapkan selaku penjabat Gubernur Kalimantan Barat, dirinya membawa tiga misi utama, yakni memfasilitasi pilkada gubernur dan bupati serta wali kota berjalan efektif, aman, demokratis, dan partisipasi tinggi. Karena itu, pihaknya berharap dapat menjalin kerja sama yang apik dengan semua unsur terkait.

“Kami sangat berharap adanya kerja sama dengan TNI/Polri dan KPU serta pihak terkait lainnya.”

Menurut Bupati Ria Norsan mengatakan, Pemerintah Kabupaten Mempawah terus melakukan fasilitasi, koordinasi, dan konsolidasi dengan penyelenggara pemilihan umum, aparat keamanan, dan Satuan Kerja Perangkat Daerah terkait. Berkaitan dengan pendidikan politik, Norsan menuturkan, melalui perangkat kelembagaan yang ada, pihaknya terus melakukan sosialisasi.

“Sosialisasi kami lakukan berkaitan dengan upaya peningkatan partisipasi pemilih, terciptanya pilkada yang damai, dan mencegah perpecahan dan disintegrasi, khususnya di kalangan masyarakat,” pungkasnya. (yanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.