banner 120x600

Koarmabar Perketat Pengawasan Laut Wilayah Barat

Kadisbek Lantamal XII Pontianak Letkol Laut Laut (S) Dedi Antoni memimpin upacara 17 yang digelar di Mako Lantamal XII Pontianak. Foto: Andika
banner 120x600

Pontianak, BorneoneTV. Maraknya kegiatan ilegal di perairan wilayah barat Indonesia dalam kurun satu tahun terakhir tampaknya menjadi atensi TNI AL.

Panglima Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI Yudo Margono meminta jajarannya di Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) untuk meningkatkan kesiagaannya dengan memperketat pengawasan di seluruh perairan.

“Karena itu kita akan memprioritaskan pembangunan satu lagi pangkalan di Teluk Ratai,” kara Panglima Koarmabar dalam sambutannya dibacakan Kadisbek Lantamal XII Pontianak Letkol Laut Laut (S) Dedi Antoni saat memimpin upacara di Mako Lantamal XII Pontianak, Senin (19/3).

Selain itu lanjut Panglima, pihaknya juga berencana menambah lagi alutsista berupa kapal Multi Role Light Frigate (MRLF) untuk mendukung kegiatan operasi di laut.

“Ini diagendakan pada bulan Maret secara bertahap untuk memperkuat jajaran Satkor Koarmabar pembangunan Gunnery firing range,” ucapnya.

Panglima menambahkan perlu disadari tantangan tugas kedepan dalam menjaga keamanan dan penegakan hukum nasional Indonesia di Wilayah Barat semakin kompleks dan dinamis.

“Pembajakan, penangkapan ikan illegal, penyelundupan narkoba merupakan kejahatan transnasional yang harus kita tindak tegas,” tegasnya.

Disamping itu Panglima juga memerintahkan meningkatkan efektifitas operasi dengan pola yang efektif dan efisien dan selalu waspada pada tahun 2018 mengingat dilaksanakannya Pilkada serentak sehingga berpotensi memicu konflik horizontal.

“Terutama isu sara yang dijadikan komoditas dalam berpolitik. Oleh karena itu TNI harus berperan aktif dalam menjaga netralitas,” ia mengingatkan.(Lay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: