Partisipasi Pemilih Ditargetkan 78 Persen

Pj Gubernur Kalbar Dody Riadmadji usai ramah tamah dengan masyarakat Sintang di Pendopo Bupati Sintang. Foto: Andika

Sintang, BorneoneTV. Pj Gubernur Kalbar Dody Riadmadji menyebutkan untuk tingkat paritisipasi pemilih ditargetkan pada pilkada serentak tahun 2018 minimal 78 persen.

“Tingkat partisipasi politik pada Pilkada Tahun 2018, Mendagri menargetkan tingkat partisipasi sebesar 78 persen,” jelasnya.

Untuk itu Dodi mengajak seluruh elemen masyarakat berperan aktif menyukseskan Pilkada di Kalbar.

“Peran aktif seluruh elemen masyarakat ini sangat diperlukan,” kata Dody saat ramah tamah dengan masyarakat Kabupaten Sintang di Pendopo Bupati Sintang, Selasa (20/3).

Lanjutnya, kita tentu sepakat bahwa salah satu parameter utama kualitas demokrasi dalam pelaksanaan pilkada adalah tingkat partisipasi politik masyarakat dalam menentukan pilihan politiknya saat pemungutan suara.

Dalam hal ini peningkatkan partisipasi politik masyarakat dalam Pilkada sangat ditentukan oleh kualitas penyelenggaraan Pilkada serta kualitas pasangan calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah.

“Itu sudah menjadi kewajiban kita semua untuk melakukan sosialisasi dalam memberikan pendidikan politik sesuai dengan kapasitas dan fungsi kita masing-masing agar dapat memotivasi masyarakat untuk secara sadar dan bertanggung jawab menggunakan hak pilihnya dalam pilkada,” pintanya.

Dodi juga berharap, dalam mewujudkan pilkada berkualitas merupakan tanggung jawab bersama serta seluruh pemangku kepentingan, meskipun teknisnya tanggungjawab KPU.

Namun pemerintah juga berkewajiban untuk mendukung penyelenggaraan pilkada serentak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.(Lay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.