HNSI Ingatkan Bantuan Nelayan Tepat Sasaran

Kabid Tangkap Dinas Perikanan Kubu Raya saat menyalurkan bantuan kepada nelayan Kubu Raya. Foto: ist

Kubu Raya, BorneoneTV. Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) mengingatkan dinas terkait tepat sasaran dalam mengucurkan berbagai bantuan terhadap nelayan.

“Kita hanya mengingatkan kepada dinas terkait agar bantuan yang diberikan tepat sasaran untuk nelayan,” imbau Ketua HNSI Kubu Raya, H. Sahdan.

Menurutnya, jika bantuan itu tepat sasaran maka dapat digunakan dengan efektif bagi nelayan.

“Tentunya itu akan berdampak terhadap penghasilan yang diperoleh nelayan,” ucapnya.

Sahdan yang juga anggota Komisi II DPRD Kubu Raya ini mendorong dinas terkait juga selektif dalam pemberian bantuan. Tentunya disertai dengan data-data dan kriteria yang tepat.

Sementara itu Kepala Bidang Tangkap Dinas Perikanan Kubu Raya Fitria Fadly memastikan bantuan yang diberikan tepat sasaran.

“Setiap bantuan yang kita kucurkan harus melalui wadah kelompok nelayan dan pemegang kartu nelayan yang sudah diverifikasi. Ini kita konsultasikan juga ke desa. Jadi semuanya terdata,” terangnya.

Kriteria nelayan yang dapat bantuan sambung Fitria yakni nelayan tradisional dan pemegang kartu nelayan. Bukan penampung atau pengumpul hasil perikanan atau agen.

Ia mencontohkan bantuan yang sudah diberikan seperti asuransi nelayan, kapal motor, pukat, perumahan untuk nelayan, maupun alat tangkap.

“Sebelum dibantu, mereka diverifikasi lebih dulu untuk mengetahui apakah layak atau tidak nelayan itu dapat bantuan,” jelasnya.

Selama ini lanjut Fitria, sudah ada 15 kelompok nelayan dengan jumlah per kelompok minimal 10 orang yang mendapat bantuan. Mereka tersebar di sejumlah kecamatan seperti Sui Kakap, Teluk Pakedai, Kubu dan Batu Ampar.(rob)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.