Ditengah Kelesuan Ekonomi Rumah MBR DP 1 Persen

Ketua DPD REI Kalbar saat menemui salah satu pengembang di Expo REI Kalbar yang dihelat selama empat hari di Pontianak. Foto: Wuri

Pontianak, BorneoneTV. Ditengah kondisi ekonomi sedang alami kelesuan, pemerintah mencoba membuat skema baru untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) agar bisa memiliki rumah subsidi type 36.

Salah satu cara adalah menerapkan kebijakan uang muka (DP) 1 persen dari nilai total harga rumah.

Ketua Umum REI Soelaeman Soemawinata, menyambut positif kebijakan yang dinilai untuk meringankan masyarakat berpenghasilan rendah.

“Apalagi banyak masyarakat yang tidak memiliki tabungan. Jadi dengan DP 1 persen ini maka meringankan masyarakat,” ucapnya.

Ia katakan DP 1 persen merupakan bentuk dukungan terhadap program Presiden RI Jokowi untuk mencapai target pembangunan 1 juta rumah.

Sementara itu Ketua DPD REI Kalbar, M Isnaini mengatakan minat masyarakat untuk memiliki rumah sangat tinggi.

“Namun yang menjadi persoalan daya beli masyarakat yang rendah. Faktor penyebabnya antara lain penghasilan seperti UMR yang hanya berkisar Rp2 jutaan. Jadi minat beli banyak tapi duitnya ndak ada,” ucapnya.

Sementara jumlah pengembang semakin tahun kian bertambah yakni 5-10 persen. Maka rumah yang dibangun pun juga banyak seperti kacang goreng.

“Mudah-mudahan adanya DP 1 persen dapat mendongkrak daya beli masyarakat,” harapnya.

Karena itu sambung Isnaini, REI Kalbar akan mendorong perbankan dapat menerima stok rumah yang dibangun pengembang di tahun 2017 yang berjumlah 1.555 unit dapat segera akad kredit.(wur/rob)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.