Pemprov Kalbar Gelar Upacara HUT Otda Ke XXII

Pontianak-BorneoneTV, Asisten I Sekda Kalbar Drs Alexander Rombonang, MMA mewakili Pj Gubernur Kalbar menjadi Inspektur Upacara (Irup) Hari Otonomi Daerah (Otda) ke-XXII tahun 2018 Tingkat Provinsi Kalbar di halaman Kantor Gubernur Kalbar, Rabu (25/3).

Upacara Hari Otda yang diikuti oleh seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalbar, dan Upacara HUT Otda ini mengusung tema yakni “mewujudkan nawacita melalui penyelenggaraan otonomi daerah yang bersih dan demokratis”.

Asisten I Sekda Kalbar Alexander Rombonang saat membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia mengatakan, penyelenggaraan Otda yang  bersih dan demokratis  bermakna  bahwa  pelaksanaan implementasi Otda didasarkan atas aspek kelembagaan, bukan atas kehendak seseorang atau kelompok tertentu.

“Dalam setiap derap penyelenggaraannya, Otda taat kepada prinsip bahwa semua warga negara mempunyai hak dan kewajiban yang sama di mata hukum,” kata Alexander Rombonang, saat menjadi Irup Hari Otda Ke XXII di Halaman Kantor Gubernur Kalbar.

Dikatakannya, untuk mewujudkan nawacita, sama   artinya   dengan mewujudkan  kesejahteraan  rakyat di setiap jengkal tanah air kita. Mewujudkan kesejahteraan akan menjadi sebuah keniscayaan jika Otda diselenggarakan secara akuntabel,  transparan, berkepastian hukum dan partisipatif.

“Penyelenggaraan Otda yang diarahkan untuk membangun tata kelola pemerintah yang bersih, efektif, demokratis dan terpercaya menjadi syarat utama terwujudnya tujuan utama Otda yaitu peningkatan kesejahteraan rakyat melalui peningkatan kualitas pelayanan publik dan peningkatan daya saing, kreatifitas, serta inovasi yang mengandalkan kekhasan daerah,” imbuhnya.

Otda memiliki suatu buah positif, yakni munculnya pemerintahan yang lebih responsif akan kebutuhan masyarakat setempat yang berdomilisi pada masing-masing wilayah. “Peran aktif masyarakat dalam memberikan kontrol sosial juga turut terdorong sehingga tercipta pemerintahan yang lebih transparan dan akuntabel. Selain itu, banyak bermunculan inovasi-inovasi yang dilakukan daerah dalam upaya membangun dan mensejahterakan masyarakat,” katanya. (Lay).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.