Wisata Kuliner Buah Durian ,Menyemarakan Kota Pontianak

oleh

Pontianak ,Bornenonetv .Belakangan ini, penjual durian bermunculan di berbagai sudut kota Pontianak.kalimantan barat, Bahkan mulai dari pedagang nasi hingga bensin eceran juga ikut memajang “ koleksi “ durian segarnya mirif suasana menjelang tahun baru saat semua orang rame – rame dagang terompet dan petasan.

Jafar asal desa Punggur Kabupaten Kubu raya yang berjualan durian di jalan Tanjung raya 2 mengaku setiap musim durian dirinya melakoni bisnis ini, dan pasokan durian dari berbagai daerah di Kalbar dan dia pun memiliki empat lapak untuk berjualan buah durian musiman ini.”Sebetulnya saya tidak hanya jualan durian saja tetapi setiap musim buah buahan saya selalu berjualan,” katanya.

Untuk saat ini provinsi Kalimantan barat sedang musim buah buahan seperti durian yang bisnis menjanjikan mendapat keuntungan sampai ratusan juta rupiah sekali musim,
“sekarang di Kalbar sudah musim buah tetapi saya ambil jual durian saja,dan itu semua durian dari Kabupaten Sekadau,Kapuas hulu,Bengkayang serta Kabupaten Landak.Selain itu juga Penghasilan dari hasil jualan semusim durian tahun lalu saya meraup keuntungan yang cukup besar, ujar jafar yang menggelar dagangan mulai pukul 08.00 hingga 00.00 Wib.

Untuk pelayanan setiap lapaknya jafar melanjutkan,dirinya mempekerjakan karyawan sebanyak 50 orang untuk 4 lapak yang dia sewa,dan untuk seharinya total keseluruhkan penjualan bisa mencapai 3000 sampai 5000 biji durian setiap harinya dan hasil keuntungan berjualan pun memuaskannya.

“karyawan saya yang berjualan di 4 lapak sebanyak 50 orang itu saya bayar perharinya sebesar 150 ribu,alhamdullilah sisanya Bisa setengah harga lebih dari pokoknya modalnya mendapat keuntungan, “ ucap jafar.
Dalam waktu 2 sampai 3 hari biasanya stok durian habis, sehingga dalam waktu dua hari harus sudah mendatangkan lagi, dari tempat sumbernya di Kalbar,namun untuk pembelian di tempat pertama, dirinya memakai system borongan.

“ Mematok harga dengan harga secara keseluruhan, tergantung besar kecilnya, “ Ucap jafar.Biasanya Jafar menjual durian, dimulai dari harga Rp. 5 ribu sampai 100 ribu per butirnya. “ Lumayan dapat menambah uang dapur, dan bisa ditabung, “ katanya

Lebih lanjut Jafar juga sempat bercerita, ketika tahun lalu dirinya berhasil meraup keuntungan bersih rata – rata per harinya Rp. Puluhan juta rupiah. Dia juga berharap mudah – mudahan tahun ini, bisa lebih meraup keuntungan, demi dapur tetap mengepul tebal. Dalam mengatasi tidak terjualnya buah segar durian ini Jafar menjelaskan, dirinya pun berinisiatif membuka home industri pembuatan lempok yang berbahan dari buah berduri ini,
“Kalo buah durian segar ini datang pagi dan sampai malam belum laku untuk besok pagi ya terpaksa saya olah dijadikan lempok (dodol) durian dan harganya lumayan juga serta di kalbar ini banyak peminatnya.

Siti badriyah salah satu warga yang sedang asik memilih buah durian mengatakan,setiap musim buah durian suaminya setiap hari selalu beli buat anak anaknya yang hobbyemakan buah berduri ini .” kami ni dah nda heran pak setiap musim durian suami saya pulang kerja selalu beli durian ini.seperti sekarang saya beli 5 butik durian yang harga 5000 ini sudah yang kesekian harinya.sebab anak anak saya memang hobby makan buah durian ini,” ucap siti.(Dd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.