Pupuk Keberagaman Sebagai Penyangga Pembangunan NKRI

Take : kegiatan Pesparawi tingkat nasional di Pontianak

Pontianak-BorneoneTV, Pj Gubernur Kalbar Drs Dodi Riyadmadji, MM, meminta bahwa nilai-nilai persatuan dan kesatuan perlu terus dipupuk dan dilestarikarn sebagai pilar-pilar penyangga yang utama dalam melanjutkan pelaksanaan pembangunan di negara kita.
“Umat Kristiani diharapkan dapat menampilkan keteladanan yang positif dalam mewujudkan toleransi dan kerukunan hidup antar umat beragama,” ucap Drs Dodi Riyadmadji, MM, Minggu (29/7), saat melepas Karnaval Perparawi Nasional Kw XII di Halaman Rumah Radakng.

Perkembangan masyarakat yang amat cepat dan dinamis sebagai dampak dari  globalisasi  dan makin pesatnya kemajuan teknologi informasi dan     komunikasi,membutuhkan penyesuaian tata nilai dan perilaku. Ditengah perkembangan seperti itu, pengembangan seni dan budaya seharusnya mampu memberi arah bagi perwujudan identitas nasional yang sesuai dengan nilai-nilai luhur budaya bangsa.

“Menyadari bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang beragama, maka nilai-nilai keagamaan dan pengembangan seni budaya keagamaan perlu dikedepankan sebagai kontribusi bagi pemantapan jati diri bangsa,” jelasnya.

Dikatakannya, pelaksanaan Pesparawi sendiri memiliki arti penting dalam hubungannya baik dengan umat kristiani sendiri dan hubungan dengan kehidupan masyarakat Indonesia secara menyeluruh. Dalam konteks internal umat kristiani, kegiatan Pesparawi yang dikuti oleh gereja-gereja dapat menjadi sarana bagi perwujudan kerukunan intern diantara umat Kristiani.

Dalam konteks masyarakat Indonesia yang majemuk, Pesparawi yang diselenggarakan secara bergantian di berbagai kota di Indonesia dapat memberikan sumbangan besar bagi upaya pemantapan rasa cinta terhadap Tanah Air maupun bagi upaya mengembangkan kerukunan hidup antar umat beragama serta penguatan rasa  nasionalisme di kalangan umat beragama.(Lay)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.