Polres Sambas Gelar Deklarasi Pemilu Damai 2019

Sambas , BorneOneTV . Kapolres Sambas AKBP Cahyo Hadiprabowo mengajak semua elemen untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, dalam rangka menyongsong Pemilu tahun 2019. Ajakan tersebut ia sampaikan dalam deklarasi damai pemilu 2019, yang digelar oleh Polres Sambas Rabu (19/9). Dikatakan, deklarasi pemilu aman 2019 bukan hanya tentang Pilpres.
“Pada tahun 2019 kita sebut sebagai pemilu 2019, bukan hanya pileg dan atau pilpres. Hari ini kita laksanakan deklarasi pemilu aman damai sejuk dan kondusif bersama berbagai pihak, ada Pemda Sambas, TNI, Penyelenggara Pemilu, pengawas penyelenggara, Parpol, tokoh agama, tokoh masyarakat dan lain lain,”ungkapnya, Rabu (19/9).  Kondisi  Kabupaten Sambas yang aman dan kondusif katanya, sebagaimana pada pelaksanaan Pemilihan Gubernur Kalbar beberapa waktu lalu, mestilah dijaga dan ditingkatkan pada Pemilu 2019.
“Kita semua pada dasarnya adalah bersaudara, unity in diversity, bersama sama kita kemarin berhasil menjaga kamtibmas. Dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah gubernur kalbar, hal yang sama saya yakin bisa kita lakukan pada pemilu 2019, dengan memegang bekal evaluasi pilkada yang lalu,”paparnya. Disebut oleh Kapolres, sebagai sebuah bangsa yang besar dan semakin diperhitungkan, proses pemilu yang aman dan demokratis merupakan sebuah awal yang mesti diupayakan.
“Semua kita ingin Indonesia menjadi maju, demikian juga diramalkan oleh masyarakat dunia bahwa kita akan menjadi negara yang besar, dan pemilu 2019 akan menjadi salah satu acuan dan langkah kita semua menuju hal tersebut,” jelasnya. Sementara Komisioner KPUD Sambas, Martono mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi upaya semua pihak yang menginginkan jalannya Pemilu yang aman, damai, kondusif dan demokratis.
“KPU Kabupaten Sambas sangat mengapresiasi kegiatan simulasi pengamanan pemilu 2019 yang tadi dilakukan oleh jajaran Polres Sambas, serta deklarasi Pemilu yang damai, aman, sejuk dan kondusif yang diselenggarakan oleh Polres sambas,”ujarnya.
Masyarakat Kabupaten Sambas saat ini dikemukakan oleh Martono, sudah dewasa dan sangat paham dengan politik serta pemilu, peningkatan partisipasi pemilih pada pemilihan gubernur kalbar menjadi satu diantara barometernya.
“KPU berharap Pemilu 2019 bisa berjalan dengan lancar dan aman, karena saya yakin masyarakat Sambas sudah sangat dewasa dalam berpolitik, hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya kesadaran masyarakat kita akan hak mereka untuk berpartisipasi sebagai pemilih,”tuturnya.
KPU juga berharap lanjutnya, dalam momen kampanye yang sebentar lagi akan kita lalui. Peserta Pemilu dapat memberikan pendidikan politik terhadap peserta kampanye, agar ikut aktif berpartisipasi dalam proses penyelenggaraan pemilu,”katanya. (ra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.