Kades Diduga Serobot Ratusan Hektar Lahan

Kubu Raya BorneneTV – Sedikitnya,Ratusan hektar lahan yang berada di Desa Sungai Nibung Kecamatan Teluk Pakedai, Kabupaten Kubu Raya (KKR),diduga dicaplok oleh Desa Kuala Karanh Kecamatan Teluk Pakedai, Kabupaten Kubu Raya.

Desa SungainNibung Kecmatan Teluk Pakedai merupakan salah satu desa yang berbatasan langsung dengan Desa Kualakarang Kecamatan Teluk Pakedai Kabupaten Kubu Raya.

Ironisnya lagi, pencaplokan lahan dengan cara mematok yang diduga dilakukan oleh perangkat Desa Kualakarang Kecamatan Teluk Pakedai Kabupaten Kubu Raya.Terkait adanya pencaplokan lahan tersebut,warga Desa Sungai Nibung geram.

“Kami kaget setelah warga kami melapor kalau lahannya dipatok yang diduga oleh perangkat desa Kuala Karang Kecamatan Teluk Pakedai.Padahal selama ini lahan tersebut merupakan lahan milik desa Sungai Nubung yang notabene merupakan wilayah Satu Kecamatan Teluk Pakedai,”kata Kepala Desa (Kades),Sungai Nibung Kecamatan Teluk Pakedai,Syarif Ibrahim.

Syarif Ibrhim yang mengaku sudah Puluhan tahun menjadi perangkat desa ini menyesalkan tindakan yang dilakukan diduga oleh perangkat desa tetangganya itu. Apalagi perangkat desa Kuala Karang itu tidak berkoordinasi terlebih dahulu.

“Mereka tidak pernah berbicara lisan atau menyampaikan surat. Tahu-tahu,mereka membuat patok batas sendiri.Seharusnya kami diajak bermusyawarah dulu. Atau berkoordinasi dengan camat,agar masyarakat tidak resah.Kalau main serobot begini kan tidak enak,”tambah Syarif Ibrahim Kepala Desa Sungai Nibung.

Menurut Sy Ibrahim, sejak jaman kepala desa masih disebut Andi Syaparidin dan Armawi Kasim,kedua desa sudah sepakat jika tapal batas desa dari paret Mantri dan Paret Mantri masuk wilayah Desa Sungai Nibung.

“Sejak puluhan tahun lalu sudah sepakat begitu.Kami tidak pernah ribut soal batas.Kades-kades Kuala Karang sebelumnya tidak pernah ribut.Entah kenapa kades yang baru ini tiba-tiba membuat aturan sendiri,”jelasnya

dan hasil penelusuran yang dihimpun sejumlah awak media kabrnya sempat terjadi inseden di lapangan terkait.adanya didugaan yang ter indikasi adanya penyerobotan lahan warga.

Sementara Kepala Desa Kuala Karang Ibrahim.MT alias Taim ketika di Konvirmasi melalui Ponselnya mengenai Kegiatan Proyek Yang sempat di pertanyakan warga.yang saat ini sedang berlansung ia menjelaskan itu Proyek Tanggul Pertanian namun ketika di tanya terkait adanya Insiden yang sempat terjadi di lokasi jawabnya siapa yang bilang bang tentu ada yang bilang tanyanya

‘”selanjutnya saat di tanya siapa yang pasang patok malah sebaliknya malah Ibrahim.MT.Kepala Desa Kualakarang bertanya patok apa bang ,tukan wilayah Desa kualakarang mangnya ada apa bang.Katanya.lebih lanjut dia mengatakan saya lengkap dengan peta Desa bahkan peta kecamatan sambil mengiringkan Poto peta.(Tim.Ismail)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.