Kontes Arwana Super Red Buktikan Kabupaten Kapuas Hulu Kaya Akan Potensi SDA

Kapuas Hulu,BorneOneTV- RK. Bupati Kapuas Hulu, AM Nasir SH membuka kontes arwana super red di gedung indoor bulu tangkis Putussibau, Kamis (25/10/18).

Kegiatan itu dalam rangka Festival Danau Sentarum 2018. Hadir Alex Rambonang, Asisten I Setda Pemprov Kalbar. Kapolda Kalbar, Irjen. Pol Didi Haryono dan pejabat Kementerian Pariwisata RI.

Bupati Kapuas Hulu, AM Nasir mengatakan, kontes arwana super red ini membuktikan bahwa Kabupaten Kapuas Hulu kaya akan potensi sumber daya alam, salah satunya endemik ikan Arwana. “Potensi ini kita buktikan pada masyarakat lokal dan internasional, habitat arwana adalah Kapuas Hulu,” terang Nasir.

Kontes Ikan Arwana Red Kabupaten Kapuas Hulu

Kontes arwana kata Bupati harus jadi agenda tahunan, oleh karenanya perlu dukungan para pihak, termasuk OPD terkait agar bisa menganggarkan untuk event kontes seperti saat ini. “Dinas Perikanan jangan tidak dianggarakan kontes arwana ini, NGO juga harus berpartisipasi,” tegas Bupati.

Demikian juga dengan sertifikasi endemik arwana, Bupati Nasir juga mendesak diurus oleh dinas perikanan. Jangan sampai sertifikat itu malah dikeluarkan dari negara lain. “Kerupuk basah bisa kita urus, masa arwana tidak bisa,” ketusnya.

Dikatakan Nasir, kegiatan ini memang spontan, serta minim anggaran, namun bisa terselenggara sukses. “Kita apresiasi Dinas Pariwisata Kabupaten Kapuas Hulu, sehingga kontes arwana bisa dilaksanakan,” ucap Nasir.

Nasir mengharapkan, kedepan penangkar arwana juga harus berpartisipasi. Ini dalam rangka mengangkat harga dan eksistensi ikan arwana habitat asli Bumi Uncak Kapuas tersebut. (Wuri).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.