Rasau Jaya III Berbenah Menuju Desa Wisata

Kubu Raya.BorneOneTV-Terinspirasi dari Desa Wisata Pujon Kidul di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Desa Rasau Jaya III melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) hendak menjadikan pariwisata sebagai salah satu sektor unggulan Desa.

Berbagai upaya mulai dilakukan untuk mempercantik desa dengan berbagai pernak-pernik yang menarik perhatian, serta menyiapkan sejumlah spot atau titik lokasi untuk berfoto.

“BUMDes terilhami usai melakukan anjangsana ke Desa Wisata Pujon Kidul Kabupaten Malang dan Cibodas beberapa waktu lalu.

Camat Rasau Jaya Suhartono di sela kegiatan pencanangan kampung KB di Desa Rasau Jaya III,Rabu (31/10 mengatakan, pihaknya berkeinginan menjadikan Desa Rasau Jaya III sebagai satu di antara destinasi wisata yang dapat menarik minat wisatawan lokal untuk datang.

Saat ini, sejumlah upaya sedang dilakukan pemerintah desa melalui BUMDes setempat.Mulai dari penataan wilayah, termasuk pengadaan taman-taman bunga, ekspose kerajinan tangan khas seperti caping warna-warni, hingga pengadaan sarana bermain bebek engko,Kata Suhartono.

“Lebih Lanjut Camata Rasau Jaya memaparkan Kita sudah mulai menanam tanaman bunga matahari yang tiga bulan lagi akan mekar serentak.Juga kita siapkan caping warna-warni yang nantinya akan dipakai oleh wisatawan yang datang.Begitu pula nanti akan ada sarana penyeberangan dan saat ini pun juga sedang dipesan permainan bebek engkol.Ini semua upaya agar wisatawan lokal bisa hadir,” terang Suhartono.Kepada awak Media ini.

Sektor pariwisata yang akan dikelola BUMDes Rasau Jaya III diharpakan dapat berkontribusi bagi desa dan kesejahteraan masyarakat setempat. Untuk itu, pihaknya komit melaksanakan arahan dari Bupati Kubu Raya Rusman Ali yang kerap mengingatkan aparatur pemerintah daerah untuk bekerja kreatif, inovatif, dan inisiatif,”ujar Suhartono.

“Ini semua sudah dimulai dan saya mengapresiasi pimpinan BUMDes yang telah berupaya menjadikan Desa Rasau Jaya III sebagai desa wisata,” ucapnya.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kubu Raya Suprapto mengapresiasi sejumlah perubahan visual yang mulai tampak di Desa Rasau Jaya III. Meski menurutnya belum sempurna, Suprapto optimistis ke depan Desa Rasau Jaya III akan tampil sebagai ikon desa wisata di Kubu Raya dan mampu menjadi contoh bagi desa-desa lainnya,”harapnya.

“Saya bersyukur Desa Rasau Jaya III sudah ada polesan yang berbeda dengan desa lainnya. Kalau kita masuk ke sini, sudah terlihat ada pernak-pernik dan keindahan-keindahan,” ujar Suprapto ini.(Ismail)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.