Warga Banjar Serasan Menggelar Robo-robo ,Dengan Melaksanakan Makan Saprahan

Pontianak, borneonetv .Tradisi Budaya Robo setiap tahun digelar oleh suku melayu dan Bugis di Pontianak yang tinggal kampun banjar  serasan Pontianak timur menajdi salshg satu destiwisata kuliner dan budaya ,karena setap acararobo robo selalu diadakan makan sparahan  sekampung . Ahdiansyah Caleg DPRD Kalbar dapil Kota Pontianak Nomor Urut 3 dari Partai Perindo yang turut hadir dalam acara tersebut  berjanji akan membuat robo-robo lebih besar dan meriah jika nanti duduk sebagai wakil rakyat di lembaga legislatif.

“Jika nanti saya terpilih dan duduk sebagai anggota DPRD Provinsi Kalbar, maka saya akan membuat acara robo-robo ini lebih besar dan meriah lagi di Banjar Serasan ini,” katanya disela menghadiri robo-robo di Kelurahan Banjar Serasan Kecamatan Pontianak Timur, Rabu (7/11).

Pria yang akrab disapa Salem ini, menyatakan robo-robo mesti dilestarikan dan dipertahankan karena merupakan tradisi yang telah dilakukan sejak jaman dahulu hingga sekarang. Menurut Salem, tradisi robo-robo mengandung makna sangat berarti dalam kehidupan di masyarakat. Tidak hanya sekadar duduk sambil menikmati sajian makanan.

“Namun lebih dari itu kita berdoa memanjatkan rasa syukur kepada Allah SWT untuk memohon agar diberikan keselamatan dan ridho dalam menjalankan kehidupan,” terangnya.

Disamping itu, sambung Salem, robo-robo mempersatukan seluruh masyarakat dalam satu ikatan tali silaturahmi dan kekeluargaan.   “Terpenting kita menggelar tradisi robo-robo ini tidak bertentangan dengan ajaran agama dan kaidah,” harapnya.(tim )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.