Pemburu Api Tanpa Digaji, tapi . . .

 

Pontianak, BorneOneTV – Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Daniel Johan menuturkan, Pemadam Kebakaran (Damkar) Swasta merupakan pahlawan bagi kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang kerap terjadi di Kalimantan Barat.

Bacaan Lainnya

“Damkar Swasta di Kalbar adalah Pahlawan Karhutla di Kalbar,” kata Daniel Johan, Selasa (18/12/2018) ketika Bersilaturahmi dengan Damkar Swasta di  Restoran Cita Rasa, Kota Pontianak.

Lihat juga Transmigrasi Sudah Berhasil, Kata Rusman Ali

Anggota DPRRI Dapil Kalbar yang menjabat sebagai Wakil Ketua IV DPR RI bidang Pertanian, Perkenanan, Kehutanan, Kelautan, Perikanan dan Pangan ini juga mengatakan walau Karhutla bukan Tugas pokok dan Fungsi (Tupoksi) Damkar Swasta, namun mereka sering turun berjibaku dengan kobaran api saat Karhutla.

“Mereka pertaruhkan jiwa dalam pengabdiannya, namun pemerintah tidak pernah memberikan perhatian sama sekali dengan Damkar Swasta,” ucapnya.

Lihat juga Pengangkut Gas Elpiji Tabrak Pengendara Sepeda Motor Hingga Tewas

Pria yang akrab disapa DJ ini prihatin dan mendorong pemerintah untuk dapat memberikan perhatian kepada Damkar Swasta.

“Saya di DPR RI mendorong pemerintah memberikan perhatian kepada Damkar swasta ini. Mudah-mudahan, tahun depan realisasi program bantuan selang bagi Damkar Swasta akan terwujud,” ucapnya mengingatkan.

Lihat juga Golkar Optimis Raih Kemenangan Pemilu 2019 ,Geser PDIP

DJ menjelaskan, bantuan selang bagi Damkar merupakan sebuah kebutuhan yang penting bagi Damkar untuk mrnjalankan operasionalnya. Provinsi Kalbar merupakan salah satu Provinsi yang memiliki keunikan sebagai Provinsi yang memiliki Damkar swasta terbanyak.

Kiprah Damkar swasta dalam tupoksinya sangat membantu tugas pemerintah dalam penanggulangan kebakaran, walau kehadirannya sebagai “pemburu api” tanpa digaji tapi mereka menjalankannya dengan baik.

Lihat juga DPD Golkar Sekadau Targetkan 4 Kursi Pada Pileg 2019

“Damkar swasta jasanya besar, eksistensi kuat dan hanya dapat ditemukan di Provinsi Kalbar. Daerah lain belum ada,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Ketua Forum Komunikasi Kebakaran Kota Pontianak, Ateng Tanjaya memberikan apresiasi kepada DJ yang merupakan anggota DPR RI yang telah bersilaturahmi dengan Damkar swasta yang ada di Kalbar.

Lihat juga Ciptakan Kota Pontianak Aman

“Saya sangat apresiasi atas hadirnya Daniel Johan bersilaturahmi dengan Damkar swasta,” kata dia.

Kehadiran DJ dalam silaturahmi bersama Damkar swasta ini adalah untuk membuat program dan mendorong pemerintah agar memberikan bantuan selang kepada Damkar Swasta di Kalbar.

“Kita harap, tahun depan bantuan selangnya dapat direalisasikan kepada Damkar Swasta yang ada di Kalbar,” kata Ateng Tanjaya berharap kepada Daniel Johan. (Andhika Lay).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.