Rasau Jaya Wajah Daerah

 

 

Kuburaya, BorneoneTV.  Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo mengapresiasi pembangunan di wilayah Kecamatan Rasau Jaya yang dinilainya cukup pesat. Menurut dia, sebagai wajah pemerintah daerah dan wajah daerah, tuntutan pembangunan di Rasau Jaya menjadi lebih tinggi dan hal itu berhasil dipenuhi.
“Rasau Jaya ini merupakan wajah pemerintah daerah dan wajah Kubu Raya. Kenapa? Kita punya pelabuhan yang dari kabupaten lain juga berlabuh di situ. Rasau Jaya adalah jalur utama Kalimantan Barat menuju ke Kabupaten Kayong Utara dan Kabupaten Ketapang,” ujarnya saat membuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kecamatan Rasau Jaya di Aula Kantor Camat Rasau Jaya, Jumat (15/3).
Sujiwo memastikan dirinya bersama Bupati Muda Mahendrawan akan berupaya maksimal terkait kesinambungan pembangunan khususnya di Kecamatan Rasau Jaya. Satu di antara cara yang dilakukan adalah dengan menggulirkan kebijakan terobosan berupa Pagu Indikatif Kecamatan (PIK). Pagu indikatif tersebut di luar pagu indikatif kecamatan sebagai perangkat daerah.
“Ini baru pertama kali, kebijakan untuk membuat pagu indikatif bagi kecamatan. Dan di balik kebijakan tersebut tentu ada tuntutan dan konsekuensi logis dan moral kepada semua camat untuk bagaimana benar-benar bisa melaksanakan tugas kedinasan secara baik ketika kita memberikan pagu tersebut,” tuturnya.
Karena itu, Sujiwo berpesan kepada para camat agar mampu menguasai setiap jengkal daerah teritorialnya. Begitu pula para kepala desa, diingatkan untuk terus bekerja keras melayani masyarakat.
“Besaran alokasi pagu indikatif berdasarkan pertimbangan luas wilayah, jumlah penduduk, dan progresivitas pembangunan pembangunan pada masing-masing desa,” ujarnya menerangkan.
Karena itu, Sujiwo meminta kecamatan untuk cermat dalam melakukan verifikasi terhadap program dan kegiatan yang diusulkan oleh desa-desa berdasarkan prioritas dan pagu indikatif tersebut.
“Pagu indikatif Kecamatan Rasau Jaya guna mengakomodasi usulan program dan kegiatan prioritasnya desa-desa pada Musrenbang RKPD Kabupaten Kubu Raya tahun 2020 sebesar Rp 3,5 miliar rupiah,” ungkapnya.
Sujiwo menambahkan, kemajuan pembangunan di Rasau Jaya juga tidak terlepas dari kinerja Anggota DPRD Kabupaten Kubu Raya khususnya daerah pemilihan Rasau Jaya. DPRD, sebutnya, mempunyai jalur yang bernama pokok-pokok pikiran. Hal itu memberi manfaat besar terkait pembangunan di kecamatan.
“Undang-Undang memberi ruang kepada pimpinan dan anggota DPRD untuk menyampaikan pokok-pokok pikiran. Dan pokok-pokok pikiran itu berupa program-program pembangunan yang akan diletakkan di daerah pemilihan bersangkutan,” terangnya.
Camat Rasau Jaya Suhartono berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kubu Raya yang telah mengucurkan pagi indikatif kecamatan. Menurutnya, pagu tersebut sangat membantu bagi program pembangunan di wilayahnya.
“Ini merupakan siraman segar bagi kami. Atas nama masyarakat kami berterima kasih kepada pemerintah daerah. Apalagi Rasau Jaya ini sering kedatangan tamu dari pusat,”ujar Suhartono.(Ismail)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.