banner 120x600

Puluhan Warga Nusapati Bongkar Paksa Pagar Pabrik Kelapa

banner 120x600

Mempawah,BorneoneTV. Puluhan Nusapati, Kecamatan Sungai Pinyuh Kabupaten Mempawah Kalbar, membongkar paksa pagar milik PT Kalimantan Kelapa Jaya (KKJ), Minggu (14/7) siang.

Hal itu dilakukan warga untuk menutup saluran pembuangan limbah yang telah mencemari pemukiman masyarakat di Desa Nusapati hingga menyebabkan warga mengalami penyakit kulit.

Aksi warga ini berlangsung panas. Warga yang sudah emosi dengan paksa membongkar pagar seng dan merobohkannya.

Tak sampai disitu, warga pun menimbun saluran pembuangan limbah milik PT KKJ yang selama ini menjadi biangkerok pencemaran air melalui parit-parit dilingkungan masyarakat Desa Nusapati. Saluran itu ditimbun dengan tanah merah.

Meski aksi warga berlangsung panas, namun situasi tetap aman dan kondusif dengan pengawalan petugas Mapolsek Sungai Pinyuh.

Terkait aksi itu, Kapolsek memastikan pihaknya akan memediasi antar masyarakat dengan PT KKJ untuk mencarikan solusi terbaik.

Supaya, permasalahan limbah yang diduga mencemari lingkungan masyarakat Desa Nusapati itu dapat diselesaikan dengan baik sesuai prosedur dan mekanisme yang berlaku.

“Besok, kami akan menggelar rapat bersama Muspika Sungai Pinyuh, aparatur desa, elemen masyarakat dan tentunya kita akan mengundang pihak perusahaan PT KKJ. Kita akan duduk bersama untuk mencari jalan keluar dari permasalahan ini ini, disuatu sisi masyarakat juga butuh pekerjaan disisi lain masyarakat juga butuh ketentraman dan kenyamanan.”paparnya

Lebih lanjut Kapolsek mengatakan ini merupakan permasalahan yang sudah terjadi sebelum dirinya menjabat sebagai Kapolsek Sungai Pinyuh,

Terkait mediasi yang akan dijadwalkan dikantor Desa pada besok Senin (15/7/2019). Kapolsek menegaskan agar unsur pimpinan diperusahaan (KKJ) bisa hadir, jangan hanya humasnya saja, yang juga merupakan warga disini itu sama saja tidak akan menemui hasil lantaran sesama warga dibenturkan dalam hal ini. ” tukas Kapolsek.(Hz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: