Desa Rasau Jaya Satu, Resmi Di Launcing Menjadi Desa Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

banner 120x600

Kubu Raya.BorneOneTV-Sekjen Kemenkes RI H Oscar Primadi,melauncingng program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat(GERMAS)di Desa Rasau Jaya satu,Kecamatan Rasau Jaya,Kabupaten Kubu Raya (KKR),Sabtu (31/8).

Acara Lauching Desa Berdaya sehat Oleh pemuda Muhammadiya Kabupaten Kubu Raya bekerja sama dengan Pemerintah Desa Rasau Jaya satu dan KSB Acara tersebut di tandai dengan pemukulan Gong Oleh Sekjen Kemenkes RI H Oscar Primadi,di lanjutkan dengan pembagian bibit ikan,tanam pohon,serta di lanjutkan dengan komitmen bersama Ayo Makan Ikan,dan Eliminasi TBC SR se Kalbar dan SSR Kabupaten Kubu Raya.

Acara Lauching Desa Berdaya Sehat di hadiri Wakil Gubernur Kalbar Drs.H Ria Norsan.MM.MHKetua PD pemuda Muhammadiyah Ajie Kurniawan S.Kep. Ners.Bupati Kubu raya di wakilkan sekda Yusran Anizam.sekjen kemenkes Ri Drg. Oscar primadi,MPH.kepala OPD baik dari Provinsi Kalimantan Barat maupun kepala OPD yang ada di Kabupaten Kubu Raya.

Wakil Gubernur Kalbar H Ria Norsan dalam sambutannya mengajak masyarakat di Provinsi Kalbar untuk gemar mengkonsumsi daging ikan.

“Saya ajak kita semua untuk gemar mengkonsumsi daging ikan,supaya tidak ada stunting dan tidak ada yang gizi buruk di Desa Rasau Jaya ini.”kata H Ria Norsan,Sabtu(31/9),saat Launching Desa Berdaya Sehat di SMK Muhammadyah Desa Rasau Jaya Satu..

“Dikatakannya,Launching Desa Berdaya Sehat ini merupakan inisiaai dari Pemuda Muhammadyah.

Mantan Bupati Mempawah ini juga mengajak masyarakat khususnya para pemuda untuk berbuat satu kebaikan.dikatakannya Dengan mengajak berbuat satu kebaikan, Insyaallah daerah kita akan makmur, daerah kita akan maju dan daerah kita akan berkembang.Jangan berhenti untuk selalu mengajak berbuat satu kebaikan,”ajaknya.

Disisi lain,masih kata Ria Norsan,Provinsi Kalbar memiliki 3.021 Desa namun dari 3.021 Desa ini hanya ada 1 Desa Mandiri, dan sekitaran 100 Desa maju,sisanya desa tertinggal.

Pemprov Kalbar dibawah Gubernur dan Wakil Gubernur telah berkomitmen semaksimal mungkin untuk 5 tahun kedepan bersama TNI-Polri dan masyarakat untuk bisa hasilkan 200 Desa Mandiri.Alhamdulillah,1 Tahun kepemimpinan kami,sudah ada 86 Desa Mandiri.Data ini akan diumumkan Kementerian Desa,” jelasnya.

Dijelaskannya,Pemprov Kalbar sangat konsen untuk memajukan pembangunan-pembangunan dari perdesaan.

“Kita membangun Kalbar dari Perdesaan adalah untuk kita membangun Indonesia dari Pinggiran,” ujarnya.

Kemudian,Sekjen Kemenkes RI H Oscar Primadi juga mengajak masyarakat di Provinsi Kalbar untuk hidup sehat dengan mengkonsumsi daging ikan yang ada di Sungai di Provinsi Kalbar.Ajakdia

Selain itu,Oscar Primadi mengatakan program-program kesehatan ada juga harus di gerak oleh masyarakat luas, salah satu contohnya yang di lakukan oleh pemuda Muhammadiah ini.Unsur pemuda sangat penting dalam menjalan pembangunan di Republik yang kita cintai ini.”Ucapnya.

Dikatakannya Kegiatan ini merupakan momen yang baik untuk kita berbagi tantangan dan menguatkan komitmen, meningkatkan tekat dan semangat kita semua,untuk lebih memberi makna kepada masyarakat agar pentingnya kesehatan.

“Semangat melayani,semangat menggerakan,semangat untuk mampu menanggapi aspirasi masyarakat, semangat memandirikan dan juga memberdayakan dalam pencapaian derajat kesehatan harus menjadi konsef pembangunan nasional kita. Kemenkes RI mengapresiasi kegiatan ini. Kepada jajaran Pemerintah Provinsi, Kabupaten / Kota di harapkan dapat menjadikan desa berdaya sehat untuk mewujudkan Visi pembangunan Nasional di bidang kesehatan,”Ujar Sekjen Kemenkes RI H. Oscar Primadi.

Sementara Kepala Desa Rasau Jaya Satu Bambang Hermanto.S.Pd.I Kepada wartawan media ini dia mengatakan dengan di Launcingnya Desa Rasau Jaya Satu ini Menjadi Desa Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.banyak sekali yang dilibatkan dalam kolaborasi dengan pemerithan.kesehatan khusunya di Kecamatan Rasau ini khusnya kepala puskesmas yang sering inten bekerja sama dengan pemerintah Desa pertama
Bagian kebersihan lingkungan dan kesehatan yang jelas

Dan kami selalu bekerja sama dengan puskesmas untuk memberantas Stunting.penyakit penyakit yang lain kemudian lingkungan tujuannya adalah untuk Desa yang lingkungannya sehat.masyarakatnya sehat dan semuanya.berjalan dengan sesuai dengan aturan yang ada mungkin itu yang memang kami galakkan di tahun dua ribu dua puluh pemberdayaan manusia pemberdayaan kesehatan manusia yang ada di rasau jaya satu.”

“Dia juga berharap ini bersinergi dengan program program pemerintah khusunya kami di desa juga mencanankan desa sehat jadi ini dari pemuda muhammadia berkolaborasi dengan Pemerintahan Desa kedepan ini berharap kami didalam anggaran dana Desa ataupun ADD menganggarkan untuk pemberdayaan kesehatan Masyarakat.itu

“Sudah pasti, yang jelas kami harap ini berlajut terus bukan hanya louncing saja kemudian kedepannya kampung berdaya sehat ini terus berlanjut dan memang masyarakat kami benar benar memang sehat.target kami minimal di tahun Duabribu dua puluh kampung berdaya sehat ini berjalan dengan semestinya sesuai yan di programkan olehbPemerintah maupun yang di galakkan oleh teman teman dari pemuda Muhammadia.”Harapnya.((Tim/BorneoneTV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: