Bangun Sinergi Dan Kolaborasi Aksi Pemuda Desa Punggur Kecil

banner 120x600

Kubu Raya.BorneOneTV-Pemuda Desa Punggur Kecil menggelar berbagai rankaian Kegiatan dengan tema.Kolaborasi Aksi Pemuda Desa Punggur Kecil menuju Desa Mandiri
Bertemapat Sungai Bemban Rt.17/Rw.16 Dusun Melati Desa Punggur Kecil Kecamatan Sungai Kakap.Sabtu(7.9.2019)

Ada pun rangkaian kegiatan yang dilaksana Kolaborasi Aksi Pemuda desa Punggur Kecil di ataranya Pemeriksaan dan pendafrtaran Golongan Darah penanaman pohon Penebaran 1.000 bibit Ikan nila Pengobatan Gratis Bekam Massal Gunting Rambut Gratis dan Pesta Buah

Hadir dalam kegiatan tersebut di antaranya Sekda Kabupaten Kubu Raya
Ketua DPD KNPI Prov Kalba
Ketua DPD KNPI Kabupaten Kubu Raya
Direktur BANK KALBAR
Camat Sungai Kakap
Danramil Kec.Sungai Kakap
Kades Desa Punggur Kecil Tokoh Agama Tokoh Masyarakat Tokoh Pemuda dan undangan Lainnya.

Kolaborasi Aksi Pemuda menuju Desa Punggur Kecil Mandiri dan sinergitas menjadi kata kunci keberhasilan pembangunan pemuda di suatu daerah. Pelibatan pemuda dalam berbagai program pembangunan juga menjadi sangat penting untuk memberikan pembelajaran sekaligus pengalaman sehingga pada saatnya,mereka memiliki kapasitas yang cukup untuk menjadi pemimpin dan penggerak kemajuan sekaligus kesejahteraan masyarakat.
Demikian disampaikan Sekda Kabupaten Kubu raya.

Usai melakukan.Peresmian Pesta buah dilanjutkan dengan Penandatangan kemudian dilanjutkan penebaran 1.000 Bibit Ikan Nila dan penaman Pohon secara simbolis Oleh Sekda di dampingi Dirut BANK Kalbar dan Danramil Sungai Kakap serta Ketua Sabtu (7/9).

“Alhamdulillah,kami mendapat dukungan yang sangat baik dari Sekda dan jajarannya dalam rangka kolaborasi Aksi Pemuda Desa punggur Kecil menuju Desa Mandiri dan sinergitas program maupun kegiatan,”ujar.Erry Eriansyah.S.T Ketua DPD KNPI Prop-Kalbar didampingi.Gubrani SE Ketua DPD.KNPI KKR.

“Saya mengajak seluruh pemuda khususnya di Kecamatan Sungai Kakap maupun yang berada di wilayah kecamatan lainnya. Ayo, kita bersama-sama melakukan aksi untuk memajukan desa menjadi desa mandiri,”ajak Erry Iriansyah kepada seluruh pemuda di Kubu Raya.

Sementara,Yusran Anizam sekretaris daerah Kabupaten Kubu Raya dalam pernyataannya memberikan apresiasi positif atas peran aktif Disporaparbud,khususnya Bidang Kepemudaan.

“Tentunya,kami sangat mendukung atas kolaborasi Aksi Pemuda Desa Punggur Kecil dan sinergitas ini yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan,baik tingkat Kabupaten,Provinsi.”Ucapnya

“lebih lanjut Sekretaris daerah Kubu Raya,Yusran Anizam mengapresiasi kegiatan kolaboraksi pemuda Desa Punggur Kecil mandiri yang diinisiasi KNPI Kalbar, Bank Kalbar, beserta Pemerintah Desa Punggur Kecil Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya dan masyarakat setempat. Yusran menyatakan dengan digelarnya sejumlah rangkaian kegiatan tersebut, menumbuhkan gagasan serta ide-ide kreatif, dan inovatif.

“Dari acara ini tumbuh ide-ide dan semangat yang luar biasa. Dengan adanya pesta buah tadi, telah memasyarakatkan komiditi-komiditi unggulan yang ada disini. Kemudian juga, menebar 1000 bibit ikan nila di sungai bemban yang juga bisa menghidupkan kesejahteraan bagi masyarakat setempat karena bibit yang dilepas mempunyai nilai ekonomis tinggi,ucap, Yusran Anizam ditemui setelah penandatangan prastasi bersama tokoh masyarakat Desa Punggur Kecil untuk menjaga, merawat, dan melindungi biota air disungai bemban, pada Sabtu (7/9/2019).

Dirinya berkenyakinan dengan rangkaian kegiatan dalam agenda kolaboraksi pemuda Desa Punggur Kecil mandiri, unsur-unsur dari bidang kesehatan masyarakat,perekonomian masyarakat, masalah lingkungan hidup merupakan proses untuk menuju desa mandiri.

“Dimana Desa Punggur Kecil ini sisa satu tahap lagi menuju desa mandiri. Insya Allah tahun ini bisa menjadi desa mandiri,”terangnya.

Yusran juga memuji multiplayer efek khususnya di Desa Punggur Kecil yang dapat merawat peradaban khususnya peradaban berbasis agro dengan pola-pola yang telah diterapkan untuk dapat dinikmati oleh generasi yang akan datang.

“Seperti yang telah dicanangkan oleh Bapak Bupati,kita merawat peradaban disini dengan pola-pola seperti ini Insya Allah, disaat anak cucu kita menghadapi era bonus demografi yang puncaknya di tahun 2030 mendatang, akan bisa eksis bersaing,”ungkapnya.

Dikesempatan yang sama Camat Sungai Kakap Rusdeti meminta pihak desa khususnya Desa Punggur Kecil Sungai Kakap dapat mempersiapkan Sumber Daya Manusia dalam pengelolaan BUMDes terlebih dalam hal peningkatan PADes.

“Kemarin saya sudah berkunjung ke BUMDes Punggur Kecil, memang sedang mempersiapkan Sumber Daya Manusianya. Mungkin beberapa factor pendukung telah siap. Namun karena ini terkait dengan pengelolaan dana harus benar-benar dipersiapkan para pengurus BUMDes,” ucapnya.

Dikatakannya pihak pemerintah Desa Punggur Kecil harus mempersiapkan secara maksimal Sumber Daya Manusia dalam hal pengelolaan pendapatan desa, maupun dalam memahami regulasi-regulasi yang ada.

“Kemarin saya sudah bicara Kadesnya, yang katanya telah mempersiapkan para kader-kadernya,” pungkasnya.

“Kenapa lama, karena memang kita mau menyiapkan para kader yang benar-benar bisa membawa BUMDes ini bisa berkembang serta aman. Karena BUMDes bertugas mengelola uang, jadi yang dicari kader yang berkompeten. Insya Allah tahun ini telah terbentuk,” terang, Kades Punggur Kecil.

Lebih jauh Adi Kusuma Jaya menerangkan saat ini pihaknya sedang mempersiapkan wisata buah untuk masyarakat lokal maupun luar. Desa Punggur Kecil yang terkenal dengan komiditi buah tahunan yakni durian dan langsat akan dimeriahkan jenis-jenis buah lain seperti lengkeng, manggis dan sebagainya yang dapat dinikmati masyarakat setiap bulannya(Tim/BorneneTV ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: