banner 120x600

Gubernur Kalbar Pastikan, Tahun Depan Karhutla Tak Jadi Agenda Lagi

banner 120x600

Pontianak BorneOneTV – Gubernur Kalbar H Sutarmidji mengatakan banyak hal yang sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah, tapi harus melibatkan banyak pihak dan nanti akan kita susun secara detail siapa berbuat apa kemudian apa yang harus dibuat dan itu yang nanti akan kita data.

“Saya yakin, kedepan Karhutla ini tidak menjadi agenda yang menghabiskan banyak waktu, tenaga dan biaya di Kalbar ini,” kata H Sutarmidji, Kamis (26/9), saat Rakor Penguatan Pengedalian dan Penanggulangan Karhutla pada Lahan Gambut di Hotel Kapuas Palace.

Dikarenakan dengan titik api yang dua kali lipat banyaknya dibandingkan tahun 2015 tapi dampaknya tidak sehebat ditahun 2015.
Kemudian lamanya api berada di satu titik itu juga hitungannya lebih cepat selesai dibandingkan dengan yang di tahun 2015.

Area yang terbakar ditahun 2015 lebih sedikit dibandingkan sekarang. Itu yang kita analisis dan harus di analisis.

“Saya sangat memperhatikan betul data itu, karena saya kerja segala sesuatu yang saya sampaikan. Saya pasti sudah tau datanya.
Kalau satu data saya anggap kurang valid atau tidak akurat. Saya pasti cari pembandingnya dulu baru saya menyampaikan segala sesuatu,” jslasnya.

Kemudian untuk memberikan tindakan sanksi dan sebagainya, mantan Wali Kota Pontianak juga melakukan satu analisis, begitu ditegur dia harus mengklarifikasi dulu, setelah diklarifikasi, waktu yang kita berikan atau tidak melakukan klarifikasi baru kita tingkatkan, semuanya terukur sehingga lebih bagus selesaikan masalahnya.

Dijelaskannya, masyarakat saya lihat polanya masih ada yang membakar tapi mereka masih dalam tataran kebiasaan yang selama ini, sehingga sebenarnya tidak banyak pengaruhnya. Saya mengambil contoh, beberapa daerah memang membakar tapi kenapa titik api sekarang sedikit, karena mereka memang sudah melakukan jauh sebelumnya artinya siklusnya mereka lebih tau.

“Mereka tahu, kapan mereka harus melakukan itu, kemudian biasanya ramai ramai sehingga terjaga,” ujarnya. (Lay).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: