Diakhir Masa Tugas,Menteri Kelautan dan Perikananan Tenggelamkan 42 kapal Nelayan Asing, Wujud Kedaulatan Bangsa Indonesia

Pontianak.BorneOneTV- Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memimpin langsung penenggelaman 18 Kapal Nelayan Asing di sekitar peraiaran Pulau Datuk, Kalimantan Barat, pada hari Minggu (6/10/2019) siang.

16 Kapal Nelayan Asing Vietnam dan 2 Kapal Nelayan Asing Malaysia dimusnahkan dengan cara ditenggelamkan, setelah sebelumnya beberapa hari yang lalu ada 3 Kapal Asing dari Vietnam yang juga telah dimusnahkan dengan cara di tenggelamkan di sekitar perairan Kabupaten Sambas,Kalimantan Barat dengan total kapal asing illegal yang ditenggelamkan sebanyak 21 kapal di Kalimantan Barat.

21 Kapal nelayan asing Vietnam dan Malaysia ditenggelamkan karena telah melakukan penangkapan ikan di Wilayah Pengelolaan Perikanan Republik Indonesia secara illegal di Laut Natuna Utara Indonesia.

Begitu banyaknya Kapal Nelayan Asing yang beroperasi di wilayah perairan Indonesia dengan alat tangkap yang merusak, membuat stok ikan Indonesia turun ketitik yang terendah,”Ujar Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Ada lebih dari 10.000 kapal asing yang sering berlindung menghindari badai di wilayah perairan lndonesia. Namun bukan hanya berlindung, tapi biasanya kapal asing tersebut sambil mencuri ikan di wilayah pengelolaan perikanan Republik Indonesia secara illegal.”Ucap Susi Pudjiastuti.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti saat memimpin penenggelaman Kapal Nelayan Asing di Perairan Pulau Datuk, Kalimantan Barat (6/10).

Menurut Susi Pudjiastuti,” Sejak eksekusi UU Nomor 45 tahun 2009 yang membolehkan menenggelamkan kapal asing yang ditangkap melakukan illegal fishing, dalam 5 tahun terahir stok ikan naik 2 kali lipat serta ekspor ikan terus mengalami kenaikan,”Tuturnya.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti juga mengatakan,” ada 42 kapal yang dimusnahkan diseluruh wilayah Indonesia dengan cara ditenggelamkan di masa akhir tugasnya sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan pada Kabinet Kerja. Termasuk 21 kapal yang ditenggelamkan di wilayah Kalimantan Barat,”Ucap nya.

Menurut Susi Pudjiastuti kedaulatan itu sangat penting dan penenggelaman kapal asing illegal memberikan kepastian hukum di Indonesia sebagai negara berdaulat. Sikap ini efektif dalam memberikan efek jera terhadap para pelaku illegal fishing yang beroperasi di wilayah perairan Indonesia.(Dodi).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.