Semarak Robo Robo Di Teluk Pakedai

banner 120x600

Teluk Pakedai,BorneoneTV– Masyarakat Melayu keturunan suku bugis setiap bulan Safar di tahun Hijriah merayakan acara robo robo yang telah dilaksanakan secara turun temurun(23/10.Acara robo robo dilaksanakna secara serentak,termasuk di empat kecamatan di Kubu Raya,di Kecamatan Kubu, Kecamatan Teluk Pakedai, Kecamatan Sungai Kakap dan Kecamatan Sungai Raya,Rabu (23/10),” kata Roy Nurdin Ketua Panitia Ritual Robo-Robo Desa Teluk Gelam.

Selain kegiatan ritual robo robo,untukemeriahkan panitia juga mengadakan kegiatan berupa hiburan rakyat seperti:,lomba sampan,nganyam ketupat dan banyak lagi yang lainnya,serta Kesenian berupa hiburan yang berlangsung selama satu minggu,”jelasnya.

Lebih lanjut Roy mengatakan, jika robo-robo merupakan wujud rasa syukur kita kepada tuhan yang maha esa,Warga menggelar doa bersama untuk kesejahteraan dan sekaligus menyatukan masyarakat di teluk pak kedai,”imbuhnya

Roy juga berharap dengan kondisi pesanggrahan tempat prosesi ritual Robo robo yang mana kondisinya hanya berukuran 6×6 yang memang sudah tidak layak lagi untuk ditempati,kami dari pemerintah desa teluk gelam kecamatan teluk pakedai menghimbaulah kepada dinas terkait dari kabupaten kubu raya supaya memperhatikan kelestarian ini dan menambah pesanggrahan ini.”Pintanya.

Camat Kec.Teluk Pakedai Rasudi SE,mengaspirasi diadakannya acara robo robo, saya mendukung karna cukup baik dengan tidak mengilangkan adat istiadat dari keturunan raja sebelumnnya. Kegiatan seperti ini harus kita lestarikan jangan sampai punah,”terangnya.

Di singgung ada nya keluhan warga terkait kondisi pesanggrahan tempat prosesi acara ritual robo robo yang di rasakan warga kecamatan teluk pakedai yang kondisinya sudah tidak layak lagi dengan ukuran 6×6 untuk menampung warga yang hadir.ia mengatakan akan mendorong usulan masyarakat melalui musrembang dan juga berharap dinas terkait dapat merealiasaikannya”Harapnya.

Sementara Supriaji,Kepal Dinas Pendapatan Daerah(Dispenda) Kabupaten Kubu Raya.saat di wawan carai awak media terkait usulan warga kec.teluk pakedai yang minta peluasan bangunan ia mengatakan apa yang telah di sampaikan warga akan saya tampung dan akan saya sampaikan kepada Istansi dinas terkait dan Bapak Bupati.”katanya.

Demi keamanan dan kelancaran acara robo _ robo di kecamatan Teluk Pakedai ,sejumlah personil dari Polsek Teluk Pa kedai diturun kan

di dua lokasi kegiatan di Desa Telok Gelam dan Desa Selak Remis Teluk Pakedai(Tim/Dedi/ismail).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: