banner 120x600

Kwartir Ranting Sungai Kakap Kembali Gelar Jambore Tingkat Penggalang Yang Ke 3

banner 120x600

Kubu raya.BorneOneTV-Jambore tingkat pramuka Penggalang kembali digelar oleh Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan  Sungai kakap selama tiga hari berturut-turut, (1-2-3/11/2019).Yang bertempat di halaman SDN,13 perkemahan Lapangan Desa JerujuBesar Kecamatan Sungai Kakap,Kabupaten Kubu Raya.

dibuka oleh Drs. Sabriyandi,M.Pd ketua kwartir cabang gerakan pramuka Kubu. Raya
Rabu(1/11/2019)
dalam kegiatan tersebut di hadiri Camat Sungai Kakap Rusdety.SH.Kepaladesa Jeruju Besar Nurhalija SE Bhabinkamtibmas Desa Jeruju besar serta tamu undangan

Disela sela kegiatan Drs. Sabriyandi,M.Pd ketua kwartir cabang gerakan pramuka Kubu. Raya saat di wawan cara wartawan media ini dia mengatakan Seperti diketahui,Gerakan Pramuka mempunyai tugas pokok menyelenggarakan kepramukaan bagi kaum muda untuk menumbuhkan tunas bangsa agar menajadi generasi muda yang lebih baik,tanggung jawab,mampu mengisi kemerdekaan serta membangun masyarakat.

“Gerakan pramuka juga berfungsi sebagai wadah pembinaan dan pengembangan generasi muda berlandaskan sistem among dengan menerapkan prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan yang disesuaikan dengan keadaan,kepentingan dan perkembangan peserta didik.

Seperti Jambore Ranting (Jamran) Pramuka Penggalang ini merupakan salah satu dari kegiatan rekreatif, edukatif di alam terbuka dalam bentuk pertemuan besar pramuka penggalang yang menarik,menyenangkan dan mengandung unsur pendidikan sebagai sarana pembinaan yang menitikberatkan pada pengembangan diri peserta yang terarah menuju pembentukan mental,fisik,intelektual, spiritual dan sosial serta karakter bangsa,sebagai individu masyarakat.

“Sementara Ketua panitia Jemain.S.pd Kepada media ini mengatakan Jambore Ranting ini merupakan agenda rutin yang digelar untuk pramuka penggalang Kecamatan Sungai Kakap setiap dua tahun sekali,” terang Jemain,selakau ketua pelaksana Jamran, Jumat (1/11/2019).

Kegiatan yang mengusung tema
Dengan semangat
Jambore ranting
Kita tingkatkan peran paruka sebagai sarana pendidikan budaya dan karakterbangsa tersebut melibatkan seluruh pramuka penggalang yang berpangkalan di SD/MI dan MTs/SMP se Kwartir Ranting Sungai Kakap.dengan jumlah 571 terdiri dari 31 sekolah.

Dengan ketentuan tiap gugus depan mengirimkan minimal satu regu putra dan satu regu putri, dengan tiap regu terdiri dari delapan hingga sepuluh anak dan didampingi pembina masing-masing regu.

“Di dalam Jambore Ranting Penggalang ini terdapat berbagai macam kegiatan,mulai dari apel pagi dan sore,olah raga dan games jamran yang di dalamnya ada beberapa jenis permainan bertemakan kepramukaan serta permainan tradisional lainnya,” tambahnya.

Dilanjut,seperti tujuan yang telah terlampir, Jambore Ranting Penggalang kali ini bertujuan untuk Sebagai wahana latihan dan pengembangan kepemimpinan,membina serta mengembangkan persaudaraan, persahabatan antar peserta dan memberikan wahana evaluasi yang telah dilaksanakan di tingkat Gugus Depan.

Juga meningkatkan disiplin pribadi yang tangguh,mandiri dan siap meneruskan nilai-nilai kejuangan dari generasi sebelumnya,serta bertukar pengalaman dan menambah sahabat.

“Dan untuk sasaran yang ingin dicapai setelah mengikuti Jambore Ranting Penggalang ini adalah,meningkatnya ketaqwaan kepada Tuhan, mempererat tali persaudaraan antar anggota,meningkatnya rasa tanggungjawab terhadap diri sendiri bangsa dan negara, meningkatnya jiwa kepemimpinan dan percaya diri,serta meningkatnya kemantapan mental, fisik, pengetahuan dan pengalaman,” tutupnya(Tim/Dedi/Is)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: