Penanaman Perdana Tanaman Padi Pada Lahan Cetak Sawah Kelompok Tani Bayu

oleh

Kubu Raya, borneonetv.com – Dalam mewujudkan visi dan misi Pemerintah Daerah Kabupaten Kubu Raya khususnya di sektor Pertanian, Bupati Kabupaten Kubu Raya Melalui Dinas Pertanian Kabupaten Kubu Raya bersama Dinas Pertanian Provinsi Kalimantan Barat melaksanakan penanaman Padi perdana di lahan Kelompok Tani Bayu tepatnya Jl. Bidas Berembang Ulu Rt.03/Rw.3 Desa Sungai Rengas Kecamatan Sungai Kakap . Jum’at, (29/11/19).  Penanaman padi perdana ini dilakukan langsung oleh Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura (Distan TPH)  Provinsi Kalbar, Heronimus Hero bersama Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kubu Raya, Gandhi Satyagrahs dengan menggunakan mesin tanam benih .

 

Kepala Dinas Pertanian, Tanaman dan Hortikultura (Distan TPH) Provinsi Kalimantan Barat, Heronimus Hero menyampaikan bahwa tujuan penanam padi perdana ini dirinya pasti mendukung upaya penambahan luas tanam, tapi peruntukan yang tanam perdana kali ini untuk dijadikan benih, benih juga menjadi salah satu kendala hampir setiap tahun, kalau kita bisa menghasilkan benih di tingkat lokal, artinyakan penyediaan benih di lokal akan semakin terjamin .

“Selama ini kita mampu mensuplai benih sertifikat sekitar 20 sampai 30% saja . Nah kalau ada tambahan seperti ini seperti hamparan ini nanti dengan potensi 300 hektar anggaplah kita bisa menghasilkan 900 Ton dari sekali tanam pembantu menit itu sudah memenuhi kecukupan benih untuk Kubu Raya, belum lagi kalau memang dia tanam dua kali bisa mensuplai kabupaten lain di provinsi Kalimantan Barat, itu tujuan jangka panjang kita untuk menambah upaya upaya penambahan tanam untuk penangkaran benih ,” ucap Hero saat diwawancarai seusai kegiatan.

 

Selain itu, Hero juga ingin memancing masyarakat supaya semakin terlibat dalam pertanian melalui teknologi penggunaan alat mesin . Karena menurutnya, alat mesin pertanian mekanismesasi pertanian itu bisa menjadi salah satu kunci semakin efisiennya aktivitas budidaya pertanian.

“Kalau semakin efisien, kita semakin berdaya saing artinya kesejahteraan petani semakin bisa ditingkatkan pemerintah .” ujarnya

 

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kubu Raya, Gandhi mengatakan bahwa berkaitan dengan adanya rencana tanam selanjutnya rencana tanam untuk perbenihan,  ini sudah dipersiapkan sekitar 10 hektar sebagai sumber benih . Menurutnya adanya persiapan ini akan sangat mendukung usaha untuk melakukan kegiatan peningkatan produksi .

“Nah, sebagaimana kita lihat bahwa dukungan dari masyarakat demikian luar biasa besar kemudian dari stakeholder kita juga begitu besar, dukungan dari Dinas Pertanian Provinsi, BPP, kemudian dari KTNA , pihak pihak ketiga lainnya. Artinya dari sisi ini masyarakat masih memerlukan infrastruktur seperti peningkatan jalan, karena jalan usaha tani yang ada saat ini masih belum dapat dimanfaatkan secara maksimal, karena pada saat musim hujan ini sulit untuk digunakan sebagai formasi untuk mengangkut hasil hasil produksi petani di sini, sehingga ini tentulah perlu diberikan dukungan untuk memberikan kelancaran arus untuk dapat bergerak dari lokasi tanam langsung keluarkan ke pemasaran .” Ujar Gandhi

 

Lebih lanjut, Gandhi juga mengatakan bahwa setelah kita telusuri komplotan gapoktan memang sangat  antusias, sangat termotivasi untuk melakukan kegiatan tanam padi .

“Apabila dukungan yang kita berikan ini dapat segera kita laksanakan tanpa kita realisasikan, nah ini satu sisi yang lain, tentu kita minta jaminan kepada para petani untuk dapat betul betul melibatkan petani petani muda milenial kita untuk dapat diikut sertakan. Setelah kami telusuri ternyata banyak petani petani muda milenial di daerah Sungai Kakap ini khususnya di Sungai Brantas ini sangat antusias untuk melakukan kegiatan bertani di daerah sini,” pungkasnya. [Dedy/Is]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.