Pangdam XII/Tpr Tinjau Pelaksanaan LKO Penanggulangan Karhutla di Ambawang

oleh

Kubu Raya, BorneOneTV.com – Panglima Komando Daerah Militer XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Muhammad Nur Rahmad meninjau puncak kegiatan Latihan Kesiapsiagaan Operasi (LKO) yang bertempat di Teluk Bakung, Kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya, Kamis (5/12/2019)

Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad dalam hal ini menyampaikan, dalam rangka latihan kesiapsiagaan operasional Kodam XII/Tpr telah melaksanakan penanggulangan bencana alam kebakaran hutan dan lahan.
“Kita ketahui bersama bahwa pengerahan personel dalam latihan sebanyak 500 orang yang terdiri dari unsur-unsur TNI, Kepolisian, BASARNAS, BPBD dan juga termasuk unsur masyarakat yang diantaranya Manggala Agni dan Tagana,” ujar Pangdam XII/Tpr.

Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad

Dalam rilis yang diterima redaksi, Pangdam XII/Tpr mengatakan, harapan dari latihan tersebut adalah agar semua baik itu unsur TNI maupun Kepolisian dan masyarakat yang tergabung dalam Satgas penanggulangan ini bisa mengetahui akan tugas pokoknya. Jadi latihan ini adalah menguji rencana operasi yang dimiliki Kodam XII/Tpr.
“Oleh karena itu diharapkan dengan adanya uji rencana operasi ini, maka masing-masing pada tingkat pelaksana sudah mengetahui tentang tugas – tugas yang harus dikerjakan. Sehingga manakala nanti suatu saat benar – benar terjadi kebakaran hutan maka dalam hal penanganan yang refresif dan preventif bisa dilaksanakan dengan terkoordinir, terpadu dan mencapai sasaran secara maksimal,” sambung Pangdam XII/Tpr.

Sementara itu Daniel dari BPBD Provinsi Kalbar menyampaikan, kegiatan semacam ini sangat positif sekali supaya masing – masing mengetahui apa yang harus diperbuat dan dilakukan ketika dalam menanggulangi bencana Karhutla khususnya di wilayah Kalimantan Barat.P
“Sinergitas menjadi hal yang sangat penting, siapa yang berbuat apa dan apa yang harus dilakukan,” katanya.

Pelatihan seperti ini perlu dilanjutkan untuk mengupdate pengetahuan dan kemampuan sesuai dengan kapasitas masing – masing di semua OPD khususnya pemerintah daerah Prov. Kalbar. [Rilis]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.