banner 120x600

KPH Harus Menjadi Pendongkrak Ekonomi Masyarakat

Gubernur Kalbar, Sutarmidji sedang melihat salah satu hasil hutan non kayu di Kalbar, Selasa (10/12). Istimewa.
banner 120x600

Pontianak, BorneOneTV.com -Dengan pengembangan dan pemanfaatan potensi yang ada, Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) seharusnya mampu meningkatkan perekonomian masyarakat di kawasan kerjanya.

“Harusnya KPH dengan penguasaan wilayah kerjanya yang sangat luas bisa menggambil sumber-sumber ekonomi yang di dalam hutan itu. Misalnya pembibitan, penangkaran madu, kemudian banyak obat-obat herbal bahannya ada di hutan-hutan kalbar, seharusnya ini dimanfaatkan,” ujar Gubernur Kalbar, Sutarmidji, usai membuka Rapat Koordinasi Percepatan Indeks Desa Membangun (IDM) pada wilayah KPH, Selasa (10/12).

Dengan memanfaatkan hutan secara bijak, akan  berdampak baik kepada masyarakat desa untuk tidak lagi menebang dan membakar hutan. “Dengan memanfaatkan hutan secara bijak dan diolah seperti madu, kopi, tepung, pisang, beras, jagung. Ini semuanya memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi. Jadi kita tidak lagi bicara Karhutla yang melanda setiap tahunnya dan masyarakat pun akan jaga hutannya, karena mendapatkan pemanfaatan ekonomi yang cukup tinggi,” tuturnya.

Selain itu juga, masyarakat desa dapat membantu pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan, ekonomi dan ketahanan lingkungan dengan percepatan Indeks Desa Membangun dan seluruh desa yang ada di kalbar bisa masuk dalam kategori desa Mandiri.

“Saya harap KPH bisa meningkatkan perekonomian masyarakat desa, memajukan desa, apalagi bisa sinergitaskan guna meningkatkan IDM dan Desa Mandiri,” pungkasnya. (Lay).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: