Dr. Antonius Dilantik Sebagai Rektor Unka

oleh
Dr. Antonius, S.Hut., M.P

Sintang, BorneOneTV.com – Senin, (16/12), Ketua Umum Yayasan Melati, Kusnidar, S.Sos., M.M melantik Dr. Antonius, S.Hut., M.P sebagai Rektor Universitas Kapuas (Unka) Sintang periode 2019 -2024 di gedung Pancasila Sintang.  Pelantikan ini menurut Kusnidar menunjukkan sistem dan proses di perguruan tinggi tersebut berjalan dengan baik.

“Proses rekruitmen sudah dimulai sejak Agustus – November 2019. Rekruitmen Rektor bukan berdasarkan suka dan tidak suka namun melalui persyaratan akademik dan kepangkatan minimal berpangkat Lektor dan melalui proses penilaian oleh badan penyelenggara,” tuturnya.

Kusnida menyampaikan,  kompleksitas dunia pendidikan tinggi ke depan akan semakin berat, oleh karenanya harus dikerjakan secara tim (teamwork). “Terima kasih juga kepada Dr.Drs. Petrus Atong, M.Si , Rektor Unka Periode 2011-2015 dan 2015-2019 atas pengabdiannya bagi Universitas Kapuas sehingga 4 Prodi di Unka surah memperoleh Akreditasi B,” ucapnya.

Bupati Sintang yang diwakili Staff Ahli Bupati Sintang Ir. Arbudin, MM mengatakan bahwa, dunia perguruan tinggi bergerak cepat. “Kita tidak bisa menutup diri dalam dunia global,” ujarnya.

Disinilah fungsi perguruan tinggi sebagai center of excellence (pusat unggulan). Melalui pendidikan akan dibentuk sikap dan tingkah laku manusia dan sumber daya manusia (SDM) yang baik.  Pemerintah sangat mendukung pendidikan tinggi di Kabupaten Sintang. Pengembangan perguruan tinggi salah satunya adalah melalui dukungan menajemen (Kepemimpinan di Unka).  “Oleh karena itu Rektor Unka yang baru harus mampu menjalin hubungan dengan semua pihak, serta menajemen pendidikan yang sehat, transparan dan akuntabel,” pintanya.

Sementara itu, salah satu dosen Unka, Michell Eko Hardian, SH., M.H berharap Rektor yang baru ini mampu membawa Unka lebih maju lagi. Bisa menjalin hubungan baik di tingkat nasional maupun internasional, sehingga Unka menjadi Universitas lokal yang mampu berkancah di tingkat global.  “Unka juga diharapkan mampu memainkan peran sebagai pusat Ilmu Pengetahuan dan Teknologi pencetak SDM yang handal dan kompetitip sebagai sumbangsih kita bagi bangsa dan negara ini,” tutupnya. (ysi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.