banner 120x600

Peringatan Hari Bela Negara: Tunjukkan Kepada Dunia Bahwa NKRI Tetap Eksis Selamanya

Gubernur Kalbar, Sutarmidji saat upacara peringatan Hari Bela Negara ke 71 digelar di halaman Kantor Gubernur Kalbar, Kamis (19/12). Istimewa.
banner 120x600

Pontianak, BorneOneTV – Apel Gabungan sekaligus memperingati Hari Bela Negara ke 71 digelar di halaman Kantor Gubernur Kalbar, Kamis (19/12). Apel ini dipimpin langsung Gubernur Kalbar,  Sutarmidji sekaligus membacakan Amanat Presiden Joko Widodo dan diikuti para ASN Pemprov Kalbar.

Presiden RI Ir H Joko Widodo menyampaikan, berbagai wujud bela negara telah susul menyusul, silih berganti untuk menunjukan kepada dunia bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tetap dan akan terus eksis untuk selama-lamanya.

“Dewasa ini kita sama-sama cermati bahwa tantangan yang dihadapi bangsa kita semakin hari semakin berat. Sebagaimana yang telah diingatkan oleh Bung Karno bahwa perang modern bukan sekedar perang militer, melainkan peperangan yang menyangkut seluruh aspek kehidupan masyarakat,”  katanya.

Dengan demikian, tidak hanya militer yang berperan membangun ketahanan Indonesia, tetapi juga menuntut peran seluruh komponen bangsa demi kelangsungan hidup dan keutuhan NKRI. Semakin beragamnya ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan yang dihadapi bangsa ini maka hanya bisa dihadapi dengan keberagaman keahlian yang saling mengisi dan memperkuat satu sama lain.

“Di sinilah letak relevansi tekad kita untuk mewujudkan SDM unggul demi kemajuan Indonesia yang kita canangkan sebagai tema peringatan kemerdekaan NKRI yang ke-74. Sebab, manusia yang unggul adalah prasyarat utama sebagai modal dasar pembangunan kita disegala lini. Kemerdekaan inilah yang menjadi pedoman bagi kita semua untuk melaksanakan bela negara,”  tuturnya.

Kemudian, Presiden juga menyampaikan perlunya sinergitas dalam setiap upaya mengimplementasikan berbagai program. “Saya berharap kepada seluruh komponen masyarakat dan pelaksana tata kelola pemerintah di sektor apa pun hendaknya melakukan sinergitas dalam mengimplementasikan program-program yang sudah di susun agar ada percepatan dalam upaya percepatan progam,” ujarnya.

Hal ini harus menjadi perhatian semua. Sinergitas dengan TNI-Polri dalam mewujudkan Indeks Desa Membangun telah menjadi contoh baik, tidak hanya untuk di Kalbar tetapi bisa untuk Indonesia. “Saya mengajak kepada seluruh komponen masyarakat kalbar, seluruh jajaran pemprov kalbar, instansi vertikal TNI-Polri, mari kita bersama-sama melakukan inovasi, tata kelola pemerintahan yang baik dan banyaknya ide-ide dan contoh tata kelola pemerintahan yang baik lahir dari Kalbar,” ajaknya. (Lay).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: